Mencegah Diabetes Dengan Cara Mengkonsumsi Karbohidrat Belakangan

DokterSehat.Com – Untuk mencegah munculnya diabetes, maka ada baiknya kita lebih baik dalam menjaga pola makan yang sehat. Namun, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Nutrition and Diabetes menyebutkan jika ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah diabetes, yakni menata cara makan karbohidrat dan protein dengan lebih baik. Dari penelitian ini, ada baiknya kita mengkonsumsi protein dan lemak terlebih dahulu dan barulah kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat belakangan. Tujuannya adalah agar tubuh lebih baik menurunkan dampak karbohidrat pada gula darah.

doktersehat-daging-panggang-meat-sapi-karbohidrat-lemak-kentang-hipertensi

Ketua penelitian yang berasal dari Department of Clinical and Experimental Medicine dari University of Pisa, Italia, bernama Domenico Trico, MD menyebutkan jika protein dan lemak akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga akan membuat efek gula dalam tubuh bisa menjadi lebih lambat. Hal ini berarti, andai kita makan protein dan lemak terlebih dahulu, maka produksi insulin bisa dikendalikan dengan lebih baik sehingga tubuh akan lebih baik dalam menurunkan penyimpanan lemak setelah kita makan.

Penelitian ini melibatkan 17 partisipan baik pria dan wanita yang merupakan pasien penyakit diabetes tipe 2 dan mereka diminta untuk melakukan diet tertentu. Para partisipan ini dibagi menjadi dua kelompok; mereka yang mengkonsumsi makanan secara besamaan layaknya biasanya dan mereka yang mengkonsumsi lemak dan protein terlebih dahulu dan baru mengkonsumsi karbohidrat secara belakangan. Hasilnya adalah, keduanya mengalami penurunan berat badan dan ukurang pinggang dengan signifikan. Namun, kelompok yang mengkonsumsi karbohidrat secara belakangan cenderung lebih baik dalam mengendalikan glukosa dan sensitifas insulin pada tubuhnya. Sementara itu, kelompok yang mengkonsumsi makanan seperti biasanya tidak akan mengalami hal tersebut.

Baca Juga:  Manfaat Meditasi Menyehatkan jantung

Fakta ini tentu akan sangat baik bagi para penderita diabetes dan mereka yang ingin mencegah diabetes. Trico sendiri menyarankan kita untuk mengawali makan dengan ikan atau sayuran yang bisa diikuti dengan pasta atau jenis karbohidrat lainnya dan barulah kita menutupnya dengan buah-buahan.