informasi kesehatan


Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

            

DokterSehat.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak kita temui di masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Dengan banyaknya masalah pekerjaan dan masalah hidup yang muncul membuat penyakit ini gampang sekali menjangkiti masyarakat sekarang ini. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, juga gagal ginjal. Bahkan akibat yang paling parah adalah kematian. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita cegah penyakit tersebut sedari awal.

 

Penyebab Hipertensi / Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan. Ada juga yang dapat dikendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi ini. Beberapa faktor tersebut antara lain:

a. Keturunan

Faktor ini tidak bisa dikendalikan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi. Jadi jika seseorang memiliki orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik.

b. Usia

Faktor ini tidak bisa dikendalikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika usia seseorang bertambah, maka tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.

c. Garam

Faktor ini bisa dikendalikan. Pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam, garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Untuk itu, bagi penderita-penderita tersebut diharapkan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam.

d. Kolesterol

Faktor ini bisa dikendalikan. Kolesterol akan tertimbun pada dinding pembuluh darah jika kandungan lemak dalam darah berlebihan. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Oleh karena itu, kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin.

e. Obesitas / Kegemukan

Faktor ini bisa dikendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi. Perhitungan berat badan ideal.

f. Stres

Faktor ini bisa dikendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

g. Rokok

Faktor ini bisa dikendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

h. Kafein

Faktor ini bisa dikendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh,maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

i. Alkohol

Faktor ini bisa dikendalikan. Menkonsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.

j. Kurang Olahraga

Faktor ini bisa dikendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Dengan olahraga secara teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Namun, jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

 

Cara Mencegah dan Mengatasi Hipertensi / Darah Tinggi

Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk mencegah darah tinggi bagi Anda yang masih memiliki tekanan darah normal ataupun mengatasi darah tinggi bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi:

  • Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Kurangi minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
  • Perbanyak makan sayur dan buahyang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.
  • Lakukan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
  • Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Kendalikan kadar kolesterol Anda.
  • Kendalikan diabetes Anda.
  • Hindari obatyang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan dan mintalah ke dokter Anda agar memberikan obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.
Hipertensi atau darah tinggi bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda bisa mencegah dan mengendalikan penyakit tersebut.

Sumber: kumpulan.info/sehat

pf button both Mencegah dan Mengatasi Hipertensi


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

15 Responses to “Mencegah dan Mengatasi Hipertensi”

  1. cyprinous says:

    Jika ada saudara atau kenalan yang menderita hipertensi, tolong share buat isi ini ya…. Terima Kasih :)
    https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dGd6WlRJMTBKZFBST3BJQVJNTTFOcFE6MQ

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 9 Thumb down 1

  2. cuyahogavalleyparanormal says:

    kita harus menjaga kesehatan diri kita sendiri, karen sehatan merupakan investasi

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 5 Thumb down 1

  3. Tuty Ernaningsih says:

    hipertensi adalah penyakit yang datangnya secara mendadak sehingga kadang penderita tdk siap menghadapinya.untuk itu kita di anjurkan untuk selalu menjaga makan,minum dan hidup sehat.

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 8 Thumb down 2

  4. adrianus says:

    saya menderita hipertensi sudah berkali2 berobat namun sampai saat ini saya belum sembuh, untuk itu bagi parah saudara saudari yang masih sehat sayangilah badan anda makan yang teratur dan olaraga yang teratur, ok smoga semuanya sehat slalu, Amin,,,

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 5 Thumb down 1

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Salam sehat,

      Pola hidup sehat, kurangi makan yang asin (garam, dsb), makan karbohidrat dalam jumlah yang tidak terlalu besar, kurangi kerja yang berlebihan & stress, lakukan olahraga ringan dan ritmis dapat membantu mengurangi tekanan.

      Namun perlu diketahui disini seorang penderita hipertensi harus tetap meminum obat secara teratur, meski tekanan sudah mulai turun. Yang ditakutkan dari penyakit hipertensi ini bukanlah penakit itu sendiri tapi efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penyakit tersebut, con: stroke,penyakit ginjal, dll. Karena itu tekanan harus tetap dijaga agar tetap stabil.

      Berkonsultasilah dengan dokter praktek terdekat untuk mendapatkan obat tekanan yang sesuai dengan kondisi anda.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Cak Ma'il says:

    Pastikan kita termasuk salah satu penderita hipertensi karena konsumsi garam yang berlebihan. Kalau memang itu penyebabnya, ada satu produk garam yang rendah sodium/natrium. Garam jenis ini dapat membantu mengendalikan dan menjaga hipertensia anda. Dan dokter sangat menyarankan bagi penderita untuk mengkonsumsi garam yang rendah sodium/natrium…

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 1

  6. Cak Ma'il says:

    Originally Posted By Cak Ma’ilPastikan kita termasuk salah satu penderita hipertensi karena konsumsi garam yang berlebihan. Kalau memang itu penyebabnya, ada satu produk garam yang rendah sodium/natrium. Garam jenis ini dapat membantu mengendalikan dan menjaga hipertensia anda. Dan dokter sangat menyarankan bagi penderita untuk mengkonsumsi garam yang rendah sodium/natrium…

    kunjungi web..http://garam-lososa.co.cc

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 1

  7. tips kesehatan says:

    dengan adanya tips diatas membuat kita lebih tahu bagaimana mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi yang berbahaya ini

    thanks ifonya :)

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 1

  8. Roiz Aditya says:

    @Cak Ma’il
    berarti salah satu penyebab hipertensi itu adalah kbanyakan makan garam yang tinggi kadar sodiumnya…..
    Hhmmmm begitu yaaa…
    truz ada tha garam yg tidak tinggi kadar sodiumnya? dan apakah nama garam tersebut?
    apakah dalam jangka panjang setelah mngkonsumsi garam trsebut penyakit hipertensi itu bisa sembuh???

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 3

  9. hevi says:

    saya penderita hipertensi,dan didaignosa akibat faktor keturunan, saat ini selalu di bekaliobat.bagaimana cara lain mengatasi hipertensi, selain pengendalian obat ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Salam sehat,

      Hipertensi disebabkan karena gangguan mekanisme na-k di dalam tubuh. Garam/ makanan asin disini harus dibatasi karena banyak mengandung natrium yang bisa semakin mengganggu keseimbangan tersebut.Selain diet rendah garam, lakukalah pula pegurangan terhadap komsumsi karbohidrat anda, penelitian terbaru mengatakan mekanismenya dapat mempengaruhi tensi tubuh juga. Kerja yang terlalu menguras tenaga fisik sebaiknya dihindari. Begitu pula hindari lah stress dan tidur yang terlalu malam.

      seorang penderita hipertensi harus tetap meminum obat secara teratur, meski tekanan sudah mulai turun. Yang ditakutkan dari penyakit hipertensi ini bukanlah penakit itu sendiri tapi efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penyakit tersebut, con: stroke,penyakit ginjal, dll. Karena itu tekanan harus tetap dijaga agar tetap stabil.

      Berkonsultasilah dengan dokter praktek terdekat untuk mendapatkan obat tekanan yang sesuai dengan kondisi anda

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. ESA says:

    Utamakan keasrahan kepada Allah, selain upaya yang kita lakukan

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. AtTry says:

    thanks bwt tipsnya dan sya akan mengikuti semua tips tersebut supaya saya terhindar dari hipertensi.Jagalah kesehatan kita karena kesehatan lebih penting daripada kekayaan,,,

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ningsi says:

    assalamualiakum wr wb.. klu seseorang tknan drahx > dr 190, tetapi tdk mmpunyai kluhan,, bgmn..??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Salam sehat,

      Mempunyai tekanan darah tinggi tidak boleh diabaikan begitu saja. Bukan gejala dari hipertensi yang kita takutkan , namun komplikasi yang mungkin timbul akibat tekanan darah tinggi itu, salah satu contoh yang paling umum adalah stroke.

      berkonsultasilah dengan dokter, Minumlah obat darah tinggi yang sesuai secara teratur dan lakukanlah pola hidup sehat untuk mencegah timbulnya komplikasi tersebut.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0