Menarik Nafas Panjang Mampu Meredakan Stres

DokterSehat.Com – Saat Anda dikejar deadline, masalah-masalah yang tak ada habisnya, atau terjebak dalam situasi sulit, menenangkan pikiran adalah langkah pertama dan terpenting untuk bisa mengambil kendali.

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

Ada sebuah teknik yang dipercaya bisa membantu Anda merasa jauh lebih rileks, sehingga dapat berpikir jernih di tengah kekacauan itu, yaitu ambillah napas panjang lalu hembuskan.

Dilansir dari Mens Health, hal senada juga diungkapkan oleh pulmonologist di Massachusetts General Hospital, Christina Vestergaard, MD, MPH.

Dijelaskan Christina, mengambil napas secara penuh mampu menekan syaraf-syaraf yang berhubungan dengan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga membantu tubuh untuk lebih rileks.

Tidak hanya itu, menarik napas secara penuh juga membantu seseorang untuk lebih fokus dan melupakan hal-hal di sekitarnya. Bahkan, menahan napas membuat tubuh lebih santai. Pasalnya, saat menahan napas, Anda akan meningkatkan karbon dioksida dalam aliran darah dan merenggangkan pembuluh darah. Anda pun bisa terhindar dari sakit kepala saat banyak pikiran.

BACA JUGA : Gangguan Psikologis Agorafobia