Menarik Nafas Dalam-Dalam Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Menarik nafas dalam-dalam adalah salah satu aktivitas tubuh yang kerap kita dengar jika seseorang mengalami kepanikan atau bahkan stress. Selain itu, banyak aktivitas olahraga layaknya yoga hingga pendinginan setelah senam juga menyarankan kita untuk menarik nafas dalam-dalam. Meskipun terlihat sepele, menarik nafas dalam-dalam ternyata memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

doktersehat-bernafas-dalam

Menarik nafas dalam-dalam adalah cara terbaik untuk membuat kita menyegarkan kembali pikiran dari stress dan depresi, apalagi jika kita melakukannya saat melakukan yoga atau meditasi dengan mengosongkan pikiran dan memejamkan mata. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh kita akan semakin membaik. Menarik nafas dalam-dalam ternyata memiliki fungsi alami layaknya detoks sehingga jika kita rutin melakukannya, tubuh akan secara alami membuang radikal bebas dan berbagai racun. Sebuah penelitian kesehatan bahkan menyebutkan jika kita mampu melakukan latihan pernafasan dengan teratur, maka ada 80 persen racun yang bisa kita keluarkan dari tubuh.

Menarik nafas dalam-dalam ternyata memberikan dampak kesehatan yang positif bagi jantung. Bagaimana tidak, sebuah penelitian menunjukkan jika menarik dan menghembuskan nafas dalam-dalam akan membuat kita menghisap lebih banyak oksigen sekaligus mengeluarkan karbondioksida lebih banyak. Darah pun akan lebih banyak mengandung oksigen yang nantinya akan disirkulasikan ke seluruh tubuh. Hal ini ternyata juga bisa membuat tekanan darah menjadi lebih normal kembali.

Dengan rutin melakukan latihan pernafasan dan menarik nafas dalam-dalam, kita ternyata juga akan mampu mengatasi beberapa macam masalah pencernaan dan sakit perut. Selain itu, dengan rutin melakukan latihan pernafasan, maka kita pun akan menjaga kulit kita dari masalah kerut-kerut halus yang bisa membuat kita terlihat lebih tua.