Menangis Bisa Membuat Sehat Tubuh

DokterSehat.Com – Menangis adalah sebuah kegiatan yang sudah dikenal oleh manusia bahkan semenjak manusia baru lahir. Dengan menangis, kita bisa melampiaskan emosi dan keinginan kita pada orang lain atau setidaknya diri sendiri. Anak kecil biasanya menangis jika mengalami rasa sakit pada fisik atau saat keinginannya tidak terpenuhi. Sementara itu, orang dewasa cenderung menangis jika ada kondisi yang membuat perasaan atau hatinya sedih atau panik. Banyak sekali alasan bagi seseorang untuk menangis, dan menangis yang merupakan pelampiasan ini ternyata diyakini mampu memberikan perasaan lega sekaligus memberikan efek kesehatan yang baik bagi tubuh manusia.

doktersehat-flu-mata-berair

Bagaimana ini bisa terjadi? Sebuah penelitian di Minnesota, Amerika Serikat menunjukkan bahwa menangis ternyata bisa membuat tubuh mengeluarkan senyawa buruk dan negatif secara signifikan. Air mata yang keluar karena emosi biasanya akan memiliki hormon protein layaknya prolactin, leucine enkephalin, dan juga adrenocorticotropic. Ketiga hormon protein tersebut ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan rasa sakit. Ketiga hormon tersebut ternyata muncul sebagai antisipasi agar tubuh tidak mudah merasakan sakit dari kondisi jiwa.

Hal ini berarti air mata sangatlah baik dalam melepas rasa stress dalam tubuh dan juga pikiran. Sebagaimana kita ketahui, stress yang dipendam ternyata bisa memicu masalah penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, diabetes, hingga tekanan darah tinggi. Menangis bisa membuat tubuh lebih rileks dan mampu mengurangi resiko mendapatkan penyakit tersebut. Secara psikologis, air mata juga mengurangi rasa duka dan mampu meningkatkan mood karena air mata membersihkan emosi. Hal ini berarti, jika anda mengalami depresi, menangis bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa tersebut.

Dengan adanya kebaikan tersebut, tentu kini kita mengerti mengapa banyak orang yang meminta orang untuk melepaskan tangisannya saat mengalami rasa duka atau rasa sakit. Disamping bisa memberikan rasa lega, kondisi tubuh pun dibantu untuk menjadi lebih baik dengan menitikkan air mata. Jadi, janganlah ragu untuk menangis jika memang dibutuhkan.

Baca Juga:  Makanan-Makanan Ini Akan Sangat Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga