Menambahkan rosemary pada daging dapat menurunkan agen penyebab kanker

DokterSehat – Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Food Science menunjukkan bahwa penambahan ekstrak rosemary pada daging mengurangi agen penyebab kanker yang timbul selama pemasakan. Heterocyclic amines (HCAs) adalah senyawa mutagenik yang terbentuk apabila daging dan ikan dimasak pada suhu tinggi, khususnya pada daging yang di bakar, dipanggang, digoreng. The National Toxicology Program milik US Department of Health and Human Services mengkatagorikan HCAs sebagai bahan karsinogen yang dapat meningkatkan resiko kanker tertentu.



Kanithaporn Puangsombat dan J. Scott Smith, Peneliti Kansas State University meneliti bagaimana mengurangi kadar HCAs pada daging yang dimasak pada suhu tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan lima ekstrak rosemary pada berbagai konsentrasi air dan etanol dan kemampuannya untuk menghambat pembentukan HCAs pada burger daging.

Ekstrak rosemary diisolasi dengan konsentrasi etanol dari 10-40%. Ekstrak kemudian ditambahkan langsung ke dalam burger, dan dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi dan pada suhu 375 F selama 6 menit untuk setiap sisi.

Peneliti menemukan bahwa pada semua tingkat konsentrasi akan menguragi kandungan HCAs pada semua suhu. Saat burger dimasak pada suhu 400 F selama 5 menit pada tiap sisi, rosemary yang diekstrak pada konsentrasi etanol rendah adalah yang paling efektif untuk mencegah pembentukan HCAs.

Rosemary yang diekstrak dengan etanol pada konsentrasi rendah mengandung campuran rosmarinic acid, carnosol, dan carnosic acid. senyawa ini akan bekerja sama dalam menghambat pembentukan HCAs.  FAN

Sumber