Tips Mudah Menambah Berat Badan Janin

doktersehat berat badan janin

DokterSehat.Com– Ketika hamil, bukan hanya berat badan ibu yang perlu diperhatikan, namun juga berat badan janin. Berat badan bayi dapat menjadi indikator kesehatan bayi Anda baik di dalam kandungan maupun ketika lahir. Jika berat janin dalam kandungan masih kurang, Anda masih punya kesempatan untuk menambah berat badan janin sebelum persalinan.

Tips meningkatkan berat badan janin

Kenaikan berat badan janin merupakan hal yang penting untuk diperhatikan selama kehamilan. Janin dengan berat badan yang kurang untuk usia kehamilannya dapat mengalami pertumbuhan yang terbatas dalam rahim atau berisiko mengalami kelahiran prematur.

Bagi Anda yang perlu menaikkan berat badan janin, dapat mencoba beberapa hal berikut:

1. Makan dengan lebih banyak kalori

Jika Anda disarankan untuk menambah berat badan janin selama kehamilan, Anda dapat memulainya dengan memperbaiki pola makan. Fokuslah apda makanan yang mengandung jumlah kalori tinggi namun dalam porsi kecil. Beberapa pilihan makanan yang baik di antaranta selai kacang atau kacang-kacangan, alpukat, dan biji-bijian.

2. Makan sayur dan buah di jam makan utama

Bagi Anda yang terbiasa makan buah sebelum makan atau sebagai camilan, maka sebaiknya ubah jadwal makan buah Anda menjadi setelah makan. Dengan demikian, saat makan berat Anda tidak akan terlalu kenyang dan nafsu makan Anda akan meningkat.

3. Tetap hindari junk food

Memang Anda harus makan banyak kalori tinggi, namun bukan berarti Anda harus mencukupinya dengan makan junk food. Meski mengandung kalori tinggi yang baik untuk menambah berat badan janin, namun junk food tidak memiliki kandungan gizi yang lengkap bagi ibu hamil.

Selain junk food, Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, gorengan dan makanan yang mengandung berbagai zat tambahan lainnya.

4. Istirahat yang cukup

Saat hamil, usahakan Anda mendapat tidur yang cukup atau setidaknya 8 jam sehari. Dengan beristirahat yang cukup, metabolisme Anda akan membaik dan dapat melancarkan asupan gizi dari ibu ke janin.

Selain cara-cara di atas, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan janin dengan cara berolahraga ringan, melakukan relaksasi untuk menghindari stres serta mengonsumsi vitamin prenatal yang mungkin Anda butuhkan. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin kehamilan minimal sekali setiap bulannya untuk memantau perkembangan janin.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik