Menaiki Mobil Pribadi Bisa Memicu Kegemukan

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh London School of Hygiene and Tropical Medicine mengungkapkan sebuah fakta yang cukup mengejutkan, khususnya bagi warga kota atau para komuter yang melakukan perjalanan dari dan menuju tempat kerja setiap hari dengan memakai kendaraan pribadi. Dari penelitian yang dipimpin oleh Ellen Flint ini, terungkap bahwa mereka yang berkendara dengan mobil pribadi setiap hari akan memiliki resiko terkena kegemukan yang jauh lebih besar daripada mereka yang memakai transportasi umum, berjalan kaki, atau bahkan bersepeda. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-naik-mobil-menyetir-traveling

Penelitian yang dilakukan di Inggris dan melibatkan setidaknya puluhan ribu komuter dengan usia di atas 35 tahun ini mengungkapkan jika mereka yang memakai kereta atau moda transportasi lainnya akan cenderung memiliki berat badan dan kadar lemak tubuh yang rendah, meskipun para pesepeda adalah yang memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping. Ellen Flint sendiri berkata jika aktifitas berjalan kaki dari rumah menuju stasiun atau halte bus ternyata bisa memberikan efek positif layaknya berolahraga sementara itu, bersepeda sendiri sudah termasuk dalam aktifitas olahraga sehingga akan membuat pesepeda mampu membakar lemak saat melakukan perjalanan dari dan menuju tempat kerja. Hal ini berarti, mereka yang tidak berkendara dengan kendaraan bermotor pribadi akan memiliki kecenderungan memiliki berat badan yang ideal.

Di Amerika Serikat Sendiri, diketahui hanya sekitar 18 persen dari para pekerja yang menjadi komuter yang memilih untuk berjalan kaki dan memakai transportasi umum atau bersepeda dan sepertiga diantaranya mengalami obesitas. Kebanyakan dari mereka yang mengalami obesitas adalah yang memakai mobil pribadi mengingat mereka hanya akan cenderung duduk dan tidak melakukan banyak aktifitas fisik. Padahal, selama di tempat kerja pun mereka hanya duduk menghadap layar komputer.

Baca Juga:  Berpuasa Sehat dengan Tidur Sehat

Dengan adanya fakta ini, pakar kesehatan berharap jika para pekerja komuter mulai lebih baik dalam menjaga kesehatan dan berat badannya. Memang, moda transportasi umum di Indonesia masih sangat minim sehingga pilihan untuk memakai sepeda motor atau mobil pribadi akan lebih baik dan lebih efisien. Jika memang ada waktu untuk melatih fisik saat di tempat kerja atau saat akhir pekan, maka lakukanlah agar tubuh pun tidak mengalami masalah obesitas dan masalah kesehatan lainnya.