Memperingati Hari Jantung Sedunia, Kita Bisa Melakukan Tes Darah Gratis di 15 Kota di Indonesia

DokterSehat.Com – Hari Jantung Sedunia akan diperingati setiap tanggal 29 September. Meskipun masih cukup lama, pakar kesehatan Indonesia menggunakan momen ini untuk menjadikan kampanye gaya hidup sehat agar bisa membuat masyarakat Indonesia semakin terbebas dari penyakit jantung. Salah satu caranya adalah dengan cara memberikan pelayanan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara gratis di 15 kota di seluruh Indonesia pada tanggal 25 September mendatang.

doktersehat-konsultasi-jantung

Pakar kesehatan yang merupakan ketua umum dari Yayasan Jantung Indonesia atau YJI bernama Syahlina Zuhal, menyebutkan jika acara pemberian layanan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah secara gratis ini akan dipusatkan pada Plaza Selayan dari Stadion Gelora Bung Karno di Ibukota Jakarta. Namun, ada pula acara yang sama yang dilakukan di 14 kota besar lainnya di Indonesia. Ia mengharapkan agar acara ini bisa sukses dan mampu memecahkan rekor MURI sebagai cara pemeriksaan kesehatan gratis dengan peserta paling banyak dalam sejarah di Indonesia sehingga diharapkan kampanye jantung sehat bisa semakin meluas di kalangan masyarakat.

Yayasan Jantung Indonesia sendiri melakukan kerjasama dengan Omron Healthcare Indonesia untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis ini. Zuhal menyebutkan jika diharapkan masyarakat mau berbondong-bondong melakukan pemeriksaan sekaligus mendapatkan edukasi gratis tentang resiko penyakit kardiovaskular andai kita tidak menerapkan gaya hidup sehat sehingga mereka semakin waspada akan penyakit berbahaya ini. Tak hanya itu, ada pula pemberian edukasi deteksi dini dan saran untuk melakukan gaya hidup sehat yang harus diterapkan oleh siapapu tanpa mengenal jenis kelamin dan usia mengingat penyakit jantung juga menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Zuhal menyebutkan jika gaya hidup sehat dengan menghindari rokok, stres, teratur berolahraga, menata pola makan, hingga terus menjaga tekanan darah akan mampu menjaga kesehatan jantung kita dan mencegah munculnya penyakit kardiovaskular.