Memperingati Hari Ibu: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Menjadi Ibu yang Sehat

DokterSehat.Com– Satu-satunya pekerjaan di dunia ini yang tidak mengenal kata “cuti” sama sekali adalah menjadi seorang ibu rumah tangga. Sebenarnya bukan hanya ibu, melainkan orang tua, termasuk ayah. Namun, ibu tetaplah mengambil peranan yang sangat penting dan dominan di rumah.

doktersehat-anak-bayi-ibu-sehat-senyum

Ketika seorang ibu sakit, pekerjaan rumah menjadi kacau, kan? Banyak yang tak terurus, mulai dari keperluan anak, kebersihan rumah, hingga makanan untuk dimakan keluarga pun terbengkalai. Maka, seorang ibu memang sebaiknya tidak pernah sakit.

Bertepatan dengan 22 Desember kita memperingati Hari Ibu. Nah, bagi Anda seorang ibu, tetap kuatlah menghadapi hari-hari Anda. Jangan pernah sakit, karena tanggung jawab besar menanti Anda setiap hari, bahkan setiap detik.

Setelah menjadi ibu, masalah kesehatan memang menjadi satu hal yang begitu penting bagi Anda. Penulis Imelda Fransisca dalam bukunya berjudul “Modern Mama: Wake Up. Fight. Repeat!” Menuliskan, setidaknya ada empat alasan mengapa Anda harus jadi ibu yang sehat:

  1. Sebagai ibu dan istri, Anda punya tanggung jawab yang besar. Anak-anak dan pasangan memerlukan Anda selalu ada di tengah mereka. Ketika Anda sakit, urusan rumah pasti berantakan, bukan?
  2. Jika Anda menjalani pola hidup sehat, Anda juga menularkan kebiasaan baik kepada anak-anak Anda. Besar kemungkinan mereka akan meniru Anda menjalani hidup sehat.
  3. Dengan tubuh yang sehat, Anda pasti akan lebih percaya diri, memiliki tubuh yang kuat, dan tidak mudah diserang penyakit. Penampilan Anda juga akan terlihat lebih muda, lho!
  4. Nilai plus lain jika Anda menjalani pola hidup sehat adalah suami akan senang karena Anda selalu tampil menarik.

Untuk memiliki pola hidup sehat, Imelda menyarankan agar Anda melakukan hal yang sederhana, namun berpengaruh besar. Konsumsilah makanan yang kaya akan gizi, kurangi junk food, dan tidak makan dalam jumlah berlebihan. Kemudian, usahakan untuk terus berolahraga.

Apa yang dikatakan Imelda tak ubahnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan belakangan ini, yakni berolahraga, mengonsumsi makanan sehat berserat, dan mengonsultasikan diri ke petugas kesehatan secara berkala.

Ketika merasa stres atau banyak pikiran karena harus mengurus rumah, anak-anak, dan suami, buanglah kekesalan itu dengan berolahraga, seperti jogging atau berenang. Yang penting bukanlah memperoleh badan yang indah bak bintang film atau langsing layaknya model, tapi tetap sehat untuk berjuang, berjuang, dan terus berjuang demi meraih kesehatan.

Oh ya, jangan lupa selalu konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter keluarga, puskesmas, atau pusat kesehatan terdekat. Lebih baik Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda lalu menerapkan gaya hidup yang sehat demi mencegah penyakit daripada terlambat, bukan?