Meminimalkan Selulit pada Masa Hamil

DokterSehat.com – Sebal dengan muculnya selulit alias stretch mark? Sayangnya, ini lazim pada wanita hamil. Menurut American Academy of Dermatology, lebih dari 90% akan muncul pada wanita hamil saat usia kandungan memasuki bulan ke enam dan ke tujuh. Selulit yang tak sedap dipandang ini ditandai dengan garis-garis pada sekitar perut, paha, panggul dan payudara. Sekali selulit muncul, biasanya bersifat permanen.



Sejumlah krim yang diklaim mampu menghilangkan selulit tanpa bekas nyatanya tak seampuh bunyi iklannya. Cara yang efektif untuk menghilangkan stretch mark adalah laser. Biayanya memang tak bisa dibilang murah. Makanya, agar selulit tak tambah gawat, perawatan dini sangat diperlukan, misalnya dengan menjaga kelembaban kulit selama hamil.

Ada sejumlah pelembab yang dapat digunakan untuk merawat kulit dari ancaman bahaya selulit, yaitu minyak jojoba, minyak kelapa, vitamin E, wheat germ dan ekstrak lavender.

Bagaimana perawatan yang baik agar selulit dapat diminimalkan? Ini langkah-langkahnya:

  1. Pijat secara lembut bagian perut dengan losion atau pelembab
  2. Air hangat dapat mempengaruhi elastisitas kulit, bahkan menyerap kelembabannya. Mandi dengan air hangat boleh saja, setelahnya diikuti dengan pemakaian losion yang mengandung vitamin A, C kolagen dan asam-asam amino bagi kulit kering
  3. Gunakan pelembab berbahan dasar air yang ringan rutin setiap hari
  4. Tidur cukup dan perbanyak minum air putih. Ingat 70% badan kita adalah air  khususnya pada Ibu yang sedang Hamil !

Jika masalah selulit membuat Anda tidak nyaman, konsultasikan dengan dokter Anda agar dicari solusi terbaik. Nikmati kehamilan dengan bahagia dan cantik

sumber: hanyawanita