Meminimalisir Polusi Udara Di Kota Besar

DokterSehat.Com – Sebagaimana kita ketahui, udara di kota besar di tanah air cenderung tidak sehat. Bagaimana tidak, lingkungan perkotaan yang biasanya minim dengan pohon-pohon hijau ditambah dengan banyaknya gedung bertingkat, lalu lalang kendaraan bermotor, hingga asap dari pabrik tentu akan membuat udara di kota menjadi tidak sehat. Padahal, banyak orang yang harus menghabiskan kegiatan sehari-harinya di kota besar untuk bekerja, bersekolah, atau bahkan memang tinggal di kota besar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir polusi udara di kota-kota besar.

doktersehat-polusi-udara-ginjal

Udara yang penuh dengan partikel berbahaya tentu akan memberikan dampak buruk jika sering dihirup oleh saluran pernafasan. Dalam beberapa kasus, polusi udara bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan akut ISPA dan juga penggumpalan atau pembekuan darah serta konstraksi pada otot. Untuk menghindarinya, kita harus memakai masker jika berada di luar ruangan. Tidak hanya masker yang biasa saja layaknya masker bedah atau masker kain dari saputangan, namun pakailah masker yang bertipe n 95 yang bisa menutup hidung dan mulut dengan sempurna. Masker ini akan sangat baik dalam menyaring udara yang penuh dengan partikel berbahaya. Kita bisa memakai masker ini jika berkendara atau berada di dekat jalan raya.

Meskipun terlihat sepele, namun meminum air putih dengan jumlah yang banyak, yakni setidaknya 1,5 hingga 2 liter ternyata bisa membantu tubuh kita bertahan dari paparan polusi udara. Air putih diyakini bisa mendukung tubuh untuk mendetoksifikasi berbagai racun dan pertikel berbahaya dan membuangnya melalui urine dan juga keringat. Selain itu, rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum makan atau saat menyiapkan makanan. Dengan mencuci tangan, berbagai polusi yang menempel pada tangan pun bisa kita hilangkan sehingga kita tidak akan mudah terpapar polusi.

Baca Juga:  Satu Dari Lima Pekerja di Jepang Beresiko Meninggal Dini Karena Terlalu Banyak Bekerja

Jika kita tinggal di kota besar dimana polusi udara cukup tinggi, ada baiknya kita rutin melakukan olahraga setiap harinya. Dengan tubuh yang lebih aktif, tubuh pun mampu menangkal berbagai polutan berbahaya. Saat berolahraga, jantung juga akan lebih banyak memompa oksigen dan membuat organ paru-paru menjadi lebih sehat. Hanya saja, pastikan bahwa anda juga tidak berolahraga di waktu dan tempat dimana polusi udara sedang tinggi-tingginya karena tentu hal tersebut sangat tidak baik bagi tubuh.