Memiliki Otak Lebih Besar, Apakah Pria Lebih Cerdas Dari Wanita?

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian dilakukan oleh Professor David Dexter tentang penyakit Parkinson justru membuatnya menemukan fakta yang unik; yakni oak pria dan wanita ternyata memiliki ukuran yang berbeda. Beliau melakukan penelitian dengan beberapa sampel otak manusia segar yang ditempatkan pada wadah plastik dan menemukan fakta menarik dimana otak pria cenderung lebih besar daripada yang dimiliki oleh wanita. Selain itu, ukuran otak ini ternyata tidak berpengaruh sama sekali pada kecerdasan sehingga pria belum tentu lebih cerdas dari kaum hawa.

doktersehat-brain-otak-alzheimer-kanker

Dalam realitanya, secara naluri dan cara berpikir, wanita dan pria memang cenderung berbeda. Kita bisa melihat bagaimana preferensi pria dan wanita pada fashion, sebagai contoh, atau bahkan dalam hal membaca peta dan mencari arah sebuah tempat, cara berpikir wanita dan pria sangatlah berbeda. Namun, banyak orang yang berpikir jika perbedaan ukuran otak ini berpengaruh besar pada tingkat kecerdasan pria yang lebih baik dari wanita.

Pakar kesehatan lain yang merupakan professor psikopatologi yang berasal dari Cambridge University bernama Simon Baron-Choen menyebutkan jika otak pria memang memiliki ukuran rata-rata lebih besar 10 kali daripada otak wanita, namun, dalam hal kemampuan kognitif dan beberapa tes kecerdasan lainnya, wanita tidak kalah pintar dari pria. Hal ini menunjukkan fakta dimana ukuran otak belum tentu berpengaruh pada kecerdasan dan justru membuktikan bahwa otak dibentuk dengan sangat kompleks mengingat ada banyak sekali gen dan hormone yang berkembang dari pengalaman sosial atau bahkan karena faktor warisan dari orang tua.

Menurut Baron-Cohen, yang lebih mempengaruhi kecerdasan otak justru adalah koneksi antara sel-sel otak yang memiliki peran besar dalam membangun struktur otak demi menjalankan fungsinya dengan baik.