Memiliki Gigi Sensitif? Cobalah Atasi Dengan Tanaman Ini

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup menjengkelkan adalah gigi sensitif. Bagaimana tidak, kita tidak bisa lagi menikmati makanan atau minuman yang dingin dan panas karena gigi akan terasa nyeri saat mengkonsumsinya. Padahal, makanan atau minuman dengan suhu yang dingin atau panas layaknya es krim atau mie rebus akan jauh lebih nikmat jika dikonsumsi pada suhu tersebut. Sebenarnya, apa penyebab dari masalah gigi sensitif ini?

doktersehat-cara-atasi-sakit-gigi

Pakar kesehatan menyebutkan jika gigi sensitif bisa disebabkan oleh gigi yang retak atau menipisnya lapisan email pada gigi. Tak hanya itu, jika kita sebelumnya pernah mengalami masalah gigi berlubang dan ditambal, maka tambalan gigi ini bisa jadi membuat gigi menjadi lebih sensitif. Untuk mengatasinya, ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter gigi agar bisa mendapatkan perawatan intensif. Sayangnya, hal ini bisa saja membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup banyak. Beruntung, ada bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah gigi sensitif ini, bahan tersebut adalah daun jambu biji.

Kita hanya perlu mempersiapkan beberapa lembar daun jambu biji muda yang sudah dicuci dengan bersih. setelahnya, kita tinggal langsung memasukannya ke mulut dan mengunyahnya hingga lembut. Setelah lembut, kita tinggal buang daun jambu biji tersebut. Dengan mengunyah daun jambu biji ini dua kali sehari, maka lambat laun masalah gigi sensitif ini bisa kita redakan.

Mengapa daun jambu biji bisa mengatasi masalah gigi sensitif? Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid layaknya quercetin dan keampferol, serta sifat anti inflamasi dan anti analgesik, yang ternyata mampu mencegah datangnya radikal bebas sekaligus menurunkan sensitifitas pada gigi kita. Tak hanya menggunakan daun jambu biji, kita juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif dengan bahan alami lainnya yakni cengkeh dan bawang putih.