Memiliki Akuarium Ternyata Bisa Memberikan Efek Positif Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Selain anjing atau kucing, banyak orang yang suka memilihara ikan di akuarium. Meskipun bisa menghabiskan cukup banyak uang untuk merawat akuarium tersebut, pakar kesehatan menyebutkan jika memiliki akuarium ternyata bisa memberikan banyak sekali keuntungan, khususnya di bidang kesehatan. Apa sajakah manfaat memiliki akuarium di dalam rumah?

doktersehat-akuarium

Menenangkan pikiran
Banyak orang, baik itu yang sudah berusia dewasa maupun anak-anak, sangat suka dengan melihat gerakan ikan yang anggun di dalam akuarium. Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan menikmati gerakan ikan di dalam akuarium, maka kita bisa membuat pikiran jauh lebih tenang. Gerakan ikan yang halus ternyata memiliki efek yang setara dengan hipnotis atau saat kita melakukan meditasi sehingga mampu menurunkan kadar stress dengan signifikan. Andai anda memiliki anak-anak yang cenderung hiperaktif, meminta anak untuk melihat akuarium juga akan membantu mereka cepat mengantuk dan mendapatkan tidur yang jauh lebih nyenyak.

Menurunkan tekanan darah
Dengan memiliki akuarium di dalam rumah, maka kita akan memiliki tempat dimana kita bisa menikmati pemandangan natural. Kerap menikmati akuarium juga akan membuat pikiran akan terbebas dari stress dan hal ini akan berimbas positif bagi tekanan darah. Dengan tekanan darah yang terjaga, maka kita juga akan lebih baik dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Baik bagi penderita Alzheimer
Andai kita memiliki orang tua ­atau keluarga yang terkena penyakit Alzheimer, kondisi dimana mereka mengalami penurunan daya ingat dengan signifikan, maka kita bisa menempatkan akuarium di dalam rumah. Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan memelihara ikan di akuarium dan kerap menikmati gerakan ikan ini, maka pasien Alzheimer akan cenderung tidak agresif, memiliki nafsu makan yang jauh lebih baik, dan tidak akan membutuhkan suplemen terlalu banyak.