Memilih Sepatu Ternyata Vital Bagi Kesehatan

DokterSehat.com – Dunia fashion kini mengalami perkembangan yang sangat menarik mengingat semakin banyaknya variasi dan jenis trend yang bisa kita pilih. Kita pun kini bisa memilih jenis pakaian atau sepatu apa yang sekiranya cocok dengan trend terkini atau bahkan selera fashion pribadi kita. Tahukah anda, memilih sepatu atau pakaian ternyata juga bisa berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Jika kita tidak memilih sepatu dengan benar dan hanya mengedepankan fashion, kita bisa mendapatkan masalah bagi kesehatan. Sebagai contoh, ibu hamil jelas dilarang keras memakai sepatu dengan hak tinggi karena bisa berpengaruh bagi kehamilannya. Apa sajakah trik mendapatkan sepatu yang sehat bagi tubuh kita?



Sepatu hak tinggi memang terlihat cantik untuk dipakai kaum hawa. Namun, dibalik kecantikannya, sepatu hak tinggi juga bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, khususnya bagi kontur kaki pemakainya. Sepatu hak tinggi berpotensi membuat paha dan lutut mudah cedera dan juga radang sendi mengingat pemakai sepatu hak tinggi akan sedikit menekuk lutut saat berjalan sehingga tekanan saat berjalan pun menjadi lebih besar dua kali lipat di tempurung lutut.

Jangan sekali-kali memilih sepatu dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran kaki anda. Anda bisa mendapatkan masalah nyeri punggung atau bahkan kerusakan saraf kaki disamping mendapatkan resiko kaki mudah terkilir dan merasa sakit. Disamping itu, kuku kaki juga beresiko mengalami kerusakan dan bahkan berhenti tumbuh ke luar karena ukuran sepatu yang terlalu kecil. Jika sampai kuku kaki justru tumbuh ke arah dalam, maka anda tentu akan mendapatkan masalah pada kaki.

Pastikan bahwa anda mendahulukan sepatu yang nyaman alih-alih sepatu yang keren dan sesuai dengan trend. Dengan memilih sepatu yang nyaman, anda tentu akan melangkahkan kaki dengan lebih mudah dan resiko mendapatkan gangguan pada kaki pun menjadi minimal. Bukankah di luar sana ada banyak sepatu nyaman namun tetap keren dipakai, bukan?