Memilih Makanan Ternyata Harus Diperhatikan Dengan Benar

DokterSehat.Com – Salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan. Sayangnya, sebagian besar dari kita cenderung memilih makanan apa saja yang bisa dimakan dan menghilangkan rasa lapar. Padahal, hal ini akan membuat kita tidak mendapatkan kadar gizi yang seimbang dan beresiko kekurangan beberapa nutrisi atau bahkan memicu beberapa macam penyakit. Lantas, apakah yang bisa kita lakukan agar bisa memilih makanan dengan benar demi kesehatan tubuh?

doktersehat-shopping-label-makanan-kadaluarsa

Kesalahan yang cukup umum kita lakukan dengan makanan yang pertama adalah saat kita berusaha mengurangi konsumsi garam. Memang, hal ini akan membuat kita menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Sayangnya, kita justru tidak memperhatikan beberapa makanan olahan yang justru memiliki banyak kandungan sodium. Meskipun berlabel less sodium, beberapa produk makanan olahan justru memiliki kandungan sodium hampir 25 persen dari bahan utama sehingga sebaiknya kita hindari saja.

Karena malas mengkonsumsi sayuran, kita mencoba untuk mensiasatinya dengan mengkonsumsi keripik sayuran layaknya keripik wortel, keripik bayam, dan lain sebagainya dengan alasan kita sudah mengkonsumsi sayuran. Padahal, konsumsi keripik sayur justru akan membuat kita mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Pakar kesehatan menyebutkan jika keripik wortel ternyata memiliki tingkat kalori yang seimbang dengan keripik kentang yang dikenal tidak sehat bagi kesehatan.

Kita selalu berpikir jika makanan gandum sebagai makanan yang sehat. Memang, sebuah penelitian menunjukkan jika wanita yang rutin mengkonsumsi gandum akan menurunkan resiko terkena kanker usus besar sebanyak 33 persen. Sayangnya, jika kita bahan gandum ini dikombinasikan dengan tepung layaknya di dalam sereal atau roti gandum, bisa jadi makanan ini tidak sesehat yang kita bayangkan. Periksalah label makanan tersebut, jika kandungan gandum hanyalah di urutan kedua, bisa jadi kandungan gandum pada makanan tersebut sangatlah rendah dan kita pun tidak akan mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga:  Efek Negatif Rokok Lebih Besar pada Wanita

Kita juga kerap memilih air kemasan yang diklaim memiliki kandungan tambahan layaknya vitamin. Padahal, yang terjadi justru kita hanya mengkonsumsi minuman yang kaya akan kalori. Pastikan bahwa air minum yang kita konsumsi adalah air minum yang murni tanpa embel-embel tambahan dan bebas kalori.