Memilih Bra Yang Sehat Dan Nyaman

DokterSehat.Com – Payudara adalah bagian tubuh yang lembut dan sensitif karena tidak mengandung massa otot, penggunaan BH atau bra yang kurang tepat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada payudara. Bila BH Anda terlalu ketat, payudara Anda akan tertekan sehingga menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan iritasi. Bila BH Anda terlalu longgar, payudara Anda akan kendor atau menggantung karena kurang ditopang. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan BH yang tepat setiap hari.

11

tips memilih BH yang tepat :

  • Ukuran tepat
    Hal yang paling utama sehubungan dengan bra, adalah menemukan ukuran yang tepat. Pastikan Anda mengetahui ukuran dengan tepat, kemudian membeli bra yang sesuai. Selalu perlu membandingkan 2 ukuran terdekat saat membeli bra, agar dapat menentukan yang paling pas bagi Anda.
  • Tali besar lebih nyaman
    Bra bertali besar memang tidak selalu tepat dikenakan bersama beberapa jenis pakaian, tetapi cobalah mengenakannya sesering mungkin. Jenis bra ini memberikan rasa nyaman karena bisa menopang payudara dengan sangat baik.
  • Pilih yang cukup penuh
    Sekalipun telah mengenakan bra berukuran tepat, jenis bra bercup penuh adalah jenis yang nyaman dikenakan terlebih lagi jika ukuran payudara relatif besar. Bagi banyak perempuan, jenis bra ini memang tidak terlihat cantik. Tetapi ini adalah pilihan yang nyaman dikenakan sehari-hari.
  • Bra berkawat
    Jika ukuran bra Anda bernomor kecil, maka tidak perlu mengenakan bra berkawat. Bra berkawat bisa sangat mengganggu ketika dikenakan. Sebaliknya perempuan dengan ukuran dada relatif besar membutuhkan bra berkawat. Pilih bra berkawat yang lembut.
  • Pilihan model
    Bra berenda memang terlihat cantik saat dikenakan, tetapi tentu tidak praktis dikenakan sehari-hari. Karenanya pilih model standar, yang lebih sederhana tetapi bisa menyangga payudara denagn baik.
  • Ganti setiap hari
    Jangan mengenakan bra yang sama setiap hari, bahkan jangan mengenakan bra yang sama dua hari berturut-turut. Bra umumnya terbuat dari bahan elastis sehingga mudah berubah bentuknya, jika dikenakan dua hari berturut-turut akan mudah melar sehingga tidak nyaman dikenakan.