Memilih Bedak yang Tepat untuk Kulit Wajah Berminyak

DokterSehat.com– Kulit wajah merupakan bagian yang sensitif, terlebih lagi bagi kaum wanita yang selalu menginginkan wajahnya terlihat cerah dan tidak berminyak. Ada banyak hal yang menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, antara lain mulai dari makanan yang dikonsumsi, kebersihan kulit wajah, serta produk kecantikan yang  tidak cocok. Salah satu cara untuk menghindari timbulnya kulit berminyak adalah jangan mengkonsumsi garam dan gula secara berlebih. Makanan dengan kriteria tersebut merupakan salah satu pemicu kulit wajah menjadi berminyak. Sedangkan untuk produk kecantikan yang digunakan sebaiknya pilih yang sesuai dengan kondisi wajah, jangan asal memilih, dan tergiur dengan harga yang murah. Jika Anda sudah merasa cocok dengan kosmetik yang Anda gunakan saat ini, pakailah secara teratur untuk memberikan hasil yang maksimal, serta jangan mudah tergoda dengan jenis kosmetik yng baru

8

Melakukan perawatan yang tepat pada kulit wajah juga akan mencegah wajah menjadi berminyak. Namun jika wajah Anda termasuk dalam jenis wajah yang berminyak, lakukan perawatan wajah yang benar. Jika tidak kondisi ini akan sangat mudah menimbulkan jerawat. Dari segi kebersihannya, rajinlah mencuci muka minimal dua kali sehari menggunakan facial wash yang mengandung asam salsilat.

Sedangkan dalam memilih jenis make up harus jeli, terlebih lagi saat memilih bedak. Jenis bedak yang sangat direkomendasikan adalah loose powder atau bedak tabur. Ada beberapa kriteria jenis bedak tabur yang dapat dipilih:

Bedak Tabur Tanpa Kandungan Wax atau Lilin

Saat memilih jenis bedak tabur, lihatlah bahan bedak yang digunakan. Pastikan bahan bedak yang digunakan adalah tidak mengandung wax atau lilin. Kandungan lilin ini akan menghambat pengeluaran keringat yang dapat menimbulkan jerawat.

Baca Juga:  Waspadai Seks Bebas Dan Penyakit Yang Ditimbulkannya

Bedak Tabur Tanpa Kandungan Kimia

Bahan kimia yang terkandung pada bedak tentu saja tidak baik dan akan berefek pada kulit. Bedak tabur memiliki tekstur yang lebih ringan jika dibandingkan dengan bedak padat. Saat memilih bedak tabur pihlah yang mengandung bahan alami, dan bahan kimia sesedikit mungkin.

Bedak Tabur Bertekstur Ringan

Semakin ringan tekstur suatu bedak tabur yang dipilih, akan semakin mudah bedak tersebut menyerap minyak yang dihasilkan oleh wajah Anda. Kulit yang berminyak memiliki pori-pori kulit yang lebih besar, sehingga lebih cepat mengeluarkan minyak.

Bedak Bayi

Apabila jenis kulit muka Anda sangat sensitif, dan tidak cocok dengan berbagai jenis bedak, sebaiknya cobalah menggunakan bedak bayi. Bedak bayi memiliki kriteria yang tepat, yaitu tidak mengandung bahan kimia, bertekstur ringan, dan oil free. Maka dari itu jenis bedak ini sangat sesuai untuk kulit yang berminyak dan sesnsitif.