Memilih Baju Olahraga Tidak Boleh Sembarangan

DokterSehat.Com -Jika kita cermati, hampir semua orang akan melakukan olahraga dengan pakaian bebas dan sama saja yang dipakai setiap hari. Bahan pakaian layaknya kaos atau celana pendek memang dianggap sudah cukup baik dalam menyerap keringat sehingga akan nyaman dipakai saat berolahraga. Sayangnya, bagi kaum wanita, pemilihan baju untuk berolahraga bisa menjadi hal yang krusial mengingat bentuk tubuh dan kondisi tubuh wanita yang cenderung berbeda dari kondisi tubuh kaum pria. Beginilah tips-tips memilih baju olahraga bagi wanita dengan benar.

doktersehat-senam-kegel-neuormove

Jika kita memilih baju dengan bahan katun layaknya dari kaos yang kita pakai sehari-hari, keringat memang akan dengan mudah terserap pada pakaian. Sayangnya, bahan katun ternyata kurang baik dalam membuat keringat akan menguap. Banyak orang yang mengeluhkan bajunya cenderung lebih berat dan lembab saat dipakai untuk berolahraga. Bahan lain yang kerap dipakai sebagai peralatan olahraga adalah bahan sitentis. Bahan sintetis akan sangat baik dalam memicu keluarnya rasa panas dan mudah berkeringat. Uniknya, bahan sintetis akan cenderung tidak mudah basah meskipun penggunanya mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Bahan berikutnya adalah bahan yang sangat tidak direkomendasikan; yakni bahan plastik dan karet mengingat bahan ini cenderung kurang nyaman untuk dipakai karena kurangnya sirkulasi udara saat berolahraga.

Kaum hawa juga cenderung masih bingung apakah harus memakai pakaian ketat atau longgar saat berolahraga. Pakar kesehatan menyebutkan jika pemilihan ini tergantung pada selera penggunanya. Hanya saja, pengguna pakaian olahraga yang cenderung ketat sebaiknya harus menjaga kesehatan bagian persendiannya. Selain itu, waspadalah jika penggunaan pakaian yang ketat justru bisa membaut gangguan aliran darah. Jika diperlukan, wanita juga sebaiknya hanya memakai bra yang diperuntukkan untuk aktifitas olahraga. Bra sport akan mendukung payudara dengan sempurna sehingga tidak akan mudah terasa sakit saat dipakai untuk olahraga, baik itu olahraga berat maupun ringan.

Baca Juga:  Tidur Siang, Cara Menyenangkan Meningkatkan Kreativitas

Gunakanlah pakaian olahraga yang sesuai dengan kebutuhan olahraga. Tentu akan lucu jika kita memakai celana panjang saat bersepeda mengingat ada resiko celana tersangkut pada rantai sepeda. Selain itu, jika olahraga kita membutuhkan sepatu, maka pilihlah yang akan membuat aktifitas olahraga menjadi nyaman dilakukan tanpa adanya resiko terkena rasa sakit akibat terkilir atau lecet-lecet. Pastikan pula bahwa sepatu memiliki daya redam tinggi yang bisa menurunkan resiko cedera dengan signifkkan.