Memeluk Anak Ternyata Sangat Besar Manfaatnya

DokterSehat.Com– Meskipun terlihat sepele, pakar kesehatan menyebutkan bahwa memeluk anak bisa memberikan banyak semakli manfaat luar biasa bagi kesehatannya. Apa sajakah manfaat tersebut?

doktersehat-anak-sakit-termometer

Laman parentingforbrain.com menyebutkan bahwa memeluk anak selama 20 detik bisa membuatnya lebih cerdas, lebih sehat, dan berbahagia. Tak hanya itu, memeluknya juga akan membangun kedekatan emosional antara orang tua dan anak. Memang, belum jelas seberapa banyak minimal kita harus memeluk anak dalam sehari, namun, ada baiknya setiap orang tua memang tidak perlu ragu untuk memeluknya kapan saja saat merasa dibutuhkan.

Tahukah anda jika bayi ternyata sudah bisa membedakan mana pelukan dari ibunya dan mana pelukan dari orang lain? Meskipun setelah usia 2 tahun anak sudah mulai mengenal banyak orang lain selain orang tuanya, ibu dan ayahnya tetap saja lebih dekat baginya sehingga saat mendapatkan pelukan dari orang tuanya ada rasa jauh lebih aman, nyaman, dan tenteram.

Arundhaty Swamy yang berasal dari Chennai Counselor’s Foundation menyebutkan bahwa otak anak membutuhkan banyak stimulasi agar bisa berkembang dengan maksimal, Beruntung, stimulasi ini bisa berupa pelukan atau dekapan yang mampu mengaktifkan perkembangan saraf. Hal ini bisa berimbas pada kesehatan fisik, mental, dan emosi yang jauh lebih baik.

Bahkan, penelitian lain menyebutkan bahwa memeluk anak bisa meningkatkan sistem imunnya dengan signifikan. Semakin anak merasa dicintai, semakin dirinya merasa aman dan lebih kuat dalam mencegah datangnya penyakit. Selain itu, kerap memeluk anak akan membuat anak semakin percaya diri, membuatnya merasa penting, dan membuat emosinya tetap stabil.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk memeluk anak setiap kali ingin melakukannya. Manfaatnya ternyata memang sangat luar biasa.