Memelihara Kucing Bisa Membuat Kita Semakin Sehat

DokterSehat.Com – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit banyak orang. Bentuk fisiknya yang menggemaskan dan bulunya yang lembut membuat banyak orang yang sayang pada hewan ini. Sayangnya, kini banyak sekali isu yang menyebutkan jika memelihara kucing sangatlah tidak direkomendasikan karena bisa memberikan virus toxoplasma bagi ibu hamil dan membawa beberapa jenis penyakit lainnya. Padahal, bagi pakar kesehatan, asalkan kucing dirawat dengan baik, yang ada justru memelihara kucing akan membuat badan kita menjadi semakin sehat.

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Minnesota dilakukan pada 4.500 orang pemilik kucing dengan rentang usia 30 hingga 75 tahun. Dari semua jumlah pemilik kucing ini, ada kecenderungan resiko terkena serangan jantung menurun hingga 40 persen. Bahkan, ada penurunan resiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung hingga 30 persen. Semakin turunnya resiko terkena penyakit jantung ini dikaitkan dengan adanya kecenderungan orang yang memelihara kucing bisa menjaganya dari stress yang tentu saja akan sangat baik bagi jantung. Dengan membelai bulu kucing yang lembuat, pikiran kita akan menjadi lebih nyaman dan pada akhirnya membuat stress pun semakin menghilang.

Memelihara kucing ditengarai mampu membuat seseorang mencegah munculnya alergi. Penelitian yang dilakukan di negara-negara Skandinavia menyebutkan jika anak-anak yang terbiasa dengan sentuhan kucing sejak bayi akan membuat tubuh mereka membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dari alergi pada hewan peliharaan. Hanya saja, jika memang anak terlahir dari orang tua yang alergi pada hewan peliharaan, ada baiknya hal ini tidak dilakukan.

Memelihara kucing ternyata juga bisa berimbas positif bagi mereka yang hidup sendiri atau baru saja kehilangan pasangan hidup. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan jika wanita yang menjanda akan lebih baik dalam mengatasi kesedihan jika memiliki kucing sebagai hewan peliharaan. Memelihara kucing ditengarai mampu menghilangkan rasa sepi dan memberikan dukungan sosial bagi kehidupannya sehingga mereka pun bisa menikmati hidupnya lagi.