Memelihara Anjing Bisa Membuat Kita Menjadi Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menghindari memiliki binatang peliharaan layaknya anjing atau kucing karena takut terkena berbagai penyakit yang bisa saja ditularkan oleh hewan-hewan tersebut. Namun, tahukah anda, memelihara binatang peliharaan ternyata tidak seburuk yang dikira. Selain bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat menghibur saat kita sedang mengalami stress, memelihara hewan peliharaan layaknya anjing ternayta bisa membuat kita secara umum menjadi lebih sehat. bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anjing

Sebuah penelitian telah dilakukan dengan mempelajari mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun namun memelihara anjing. Hasilnya adalah, para pemilik anjing ini akan cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal tanpa adanya masalah obesitas dan lebih jarang berkunjung ke dokter karena sakit. Bagaimana jal ini bisa terjadi? Pakar kesehatan menyebutkan jika adanya anjing ternyata bisa membuat psikologis pemiliknya mengalami perubahan dimana banyak pemelihara anjing yang tanpa sadar menjadi lebih sering bergerak secara fisik. Dengan memiliki anjing, pemeliharanya pun akan cukup sering berjalan-jalan dan cenderung lebih baik dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat, apalagi dengan para pemilik anjing lainnya.

Dengan memiliki anjing, motivasi untuk keluar dan setidaknya jalan-jalan santai pun menjadi lebih sering terjadi. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat pada tahun 2014 menunjukkan fakta bahwa mereka yang memiliki anjing akan cenderung melakukan aktifitas fisik sekitar 150 menit dalam setiap pekannya. Bagi para lansia dengan usia 60 tahun lebih, memiliki anjing ternyata juga bisa membuat hormon stress kortisol menjadi lebih menurun, sebagaimana kadar kolesterol dan juga tekanan darah. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini terjadi karena anjing bisa mengatasi kesepian atau depresi yang banyak dirasakan oleh para lansia. Dengan adanya fakta-fakta ini, anda tentu tidak akan ragu lagi memelihara hewan peliharaan, bukan?