Membutuhkan Donor Hati Untuk Bertahan Hidup, Bayi Ini Berhasil Mendapatkannya Hanya Dalam 40 Menit

DokterSehat.Com – Nasib memilukan terjadi pada seorang bayi yang bernama Daniel McCabe. Sejak lahir, bayi laki-laki ini terkena masalah atresia bilier, kondisi dimana saluran empedunya tidak mampu terbuka secara normal sehingga berbagai kotoran dan racun yang berasal dari saluran hati justru menumpuk di dalamnya. Karena kondisi ini, tubuh Daniel pun berwarna kekuningan sebagai tanda bahwa hatinya mengalami masalah penyumbatan dan gangguan fungsi. Saat usianya mencapai lima bulan, kondisi ini membuatnya mengalami berbagai gejala kesehatan. Mengingat kondisinya semakin berbahaya, dr. Jeffrey Brown pun merekomendasikan transplantasi hati bagi bayi malang ini.

doktersehat-operasi-pisau

Melody, sang ibu, berkata bahwa Ia pasrah dengan apapun tindakan penanganan medis yang direkomendasikan oleh dr. Brown. Ia hanya berharap sang anak bisa segera sembuh. Sejak 13 Desember tahun 2016 silam, Daniel pun dimasukkan dalam daftar tunggu untuk mendapatkan donor hati. Yang luar biasa adalah, hanya 40 menit setelah dimasukkan dalam daftar tunggu, tiba-tiba saja dr. Brown berkata jika donor hati untuk sang bayi sudah ada dan Daniel bisa segera mendapatkan cangkok organ.

Melihat begitu cepat putranya mendapatkan donor hati, Melody pun terperangah tak percaya. Namun, hal yang sangat langka ini benar-benar terjadi. United Network for Organ Sharing sendiri menyebutkan jika untuk mendapatkan donor organ yang sesuai dengan kebutuhan pasien, waktu yang dibutuhkan biasanya bisa mencapai beberapa bulan atau bahkan tahunan. Karena hal ini, diperkirakan ada 22 orang yang harus meregang nyawa hanya karena menunggu adanya kecocokan organ donor tersebut.

Begitu organ hati yang dibutuhkan sudah ada, Daniel pun segera melakukan operasi pencangkokak hati. Beruntung, operasi ini berhasil dan hanya dalam beberapa hari saja, Ia diperbolehkan pulang. Melody menyebutkan jika ini adalah untuk pertama kalinya Ia melihat putranya tidak dalam kondisi menguning. Kondisi kesehatannya pun terlihat semakin membaik.