Membungkus Seluruh Tubuh Dengan Kain Kini Menjadi Trend Kesehatan Terbaru di Jepang

DokterSehat.Com – Demi mendapatkan tubuh yang sehat, banyak orang yang rela melakukan terapi kesehatan yang bahkan bisa jadi menjijikkan atau tidak masuk di akal. Di Jepang sendiri, kini sedang ramai trend kesehatan unik dimana tubuh pasien akan dibungkus dengan kain dengan posisi meringkuk. Meskipun terlihat aneh dan tidak masuk akal, terapi yang memiliki nama otonamaki ini diyakini akan memperbaiki postur tubuh dan secara efektif mengatasi masalah otot kaku. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika inspirasi dari terapi kesehatan ini adalah dari kebiasaan kita dalam membungkus bayi yang baru lahir dengan kain agar pertumbuhannya berjalan dengan baik.

doktersehat-sakit-pundak-punggung-Spondilitis-Ankilosa

Orie Matsuo, salah seorang pakar kesehatan yang menyediakan jasa otonamaki menyebutkan jika dengan membungkus seluruh tubuh dengan kain dalam posisi meringkuk, orang dewasa akan merasakan sensasi nyaman layaknya bayi. Memang, bagi orang-orang yang mengalami klaustrofobia atau ketakutan dengan ruangan yang sempit, terapi ini sangat tidak nyaman. Namun, banyak pasiennya yang mengaku mendapatkan tubuh yang terasa jauh lebih baik setelah melakukan terapi ini.

Pada dasarnya, terapi kesehatan otonamaki ini bisa dilakukan selama 20 menit. Tubuh pasien orang dewasa akan dibungkus sepenuhnya dengan kain dengan posisi meringkuk. Dengan berada dalam posisi ini selama itu, tubuh akan dipaksa untuk memperbaiki posturnya sehingga masalah postur tubuh pun bisa diatasi. Banyak orang yang juga mengaku jika terapi ini bahkan secara efektif mampu menurunkan stress.

Meskipun banyak orang yang mengaku mendapatkan manfaat dari terapi ini, pakar kesehatan fisioterapi dari singapura bernama Visvanathan Ravi justru mengkritik terapi ini karena dianggap cukup beresiko. Menurut Ravi, posisi meringkuk andai dilakukan dalam waktu yang lama bisa memicu masalah tulang belakang. Karena alasan inilah Ravi justru sangat tidak merekomendasikan terapi ini.