Membuat Janin Menjadi Lebih Berat

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan dan bidan sering menganjurkan ibu hamil agar mampu membuat berat badan sang janin di dalam kandungan berada dalam kondisi yang ideal. Janin yang terlalu gemuk tentu saja akan memberikan kesulitan tersendiri dalam proses persalinan. Sebaliknya, janin yang terlalu kurus juga sangat tidak baik bagi perkembangan kesehatan si bayi di masa depan nantinya. Jika anda memiliki masalah dalam membuat janin di dalam perut untuk mendapatkan berat ideal dan si janin justru cenderung terlalu kurus dan kurang dari standar, maka kita bisa melakukan beberapa trik berikut agar janin mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat.

doktersehat-hamil

Menambah berat badan janin tentu saja dengan cara memberikan asupan dan nutrisi terbaik bagi si janin. Sebagai contoh, ibu hamil sebaiknya memakan banyak sayuran dan buah-buahan yang ternyata bisa berpengaruh besar dalam kenaikan berat badan janin. Nutrisi dari sayur dan buah juga sangat baik bagi perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan. Disamping itu, beberapa jenis makanan yang kaya protein layaknya ikan salmon, ikan tengiri, atau bahkan daging sapi dan ayam juga sebaiknya dikonsumsi secara cukup, namun tidak berarti harus setiap hari. Disamping harga daging yang cenderung mahal, memakan daging secara berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan sang ibu dan janin. Hanya saja, kita tentu harus pandai-pandai memilih menu mengingat makanan yang cenderung pedas kurang baik bagi ibu dan janinnya. Minuman bersoda yang kaya bahan kimia juga kurang direkomendasikan bagi ibu hamil karena bisa mengganggu kesehatan janin.

Susu yang dikhususkan untuk ibu hamil tentu saja harus rajin dikonsumsi secara aturan mengingat susu biasanya mampu menaikkan berat badan janin menjadi ideal dengan signifikan. Biasanya, mengkonsumsi susu pada pagi hari atau sebelum tidur bisa menjadi solusi menaikkan berat badan janin. Namun, jangan lupakan pula peran air putih yang cukup agar kondisi ibu dan janin senantaisa sehat.

Baca Juga:  Apa itu Ovulasi ?

Ibu hamil juga bisa melakukan banyak pemeriksaan dan konsultasi pada dokter atau bidan untuk mendapatkan suplemen atau multivitamin yang bisa membantu pertambahan berat badan janin. Jangan sembarangan membeli suplemen dan multivitamin karena bisa jadi akan membuat kondisi janin menjadi kurang sehat.