Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh

DokterSehat.Com – Berhenti merokok adalah sebuah keputusan yang sangat sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, semenjak pertama kali merokok, zat nikotin yang bisa memberikan candu dengan kekuatan luar biasa tentu akan sangat sulit ditaklukkan. Euforia merokok bisa membuat pikiran terasa hambar jika dalam sehari saja tidak merokok. Disamping adiktif, zat nikotin ternyata sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam menyebabkan masalah pada paru-paru maupun masalah kanker. Jika kita memang sudah membulatkan tekad untuk berhenti merokok, maka kita juga harus sebisa mungkin membersihkan kandungan nikotin dari dalam tubuh.

doktersehat-detoks-diet

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan nikotin tentu saja adalah dengan konsisten berhenti merokok tanpa mencoba satu kali pun di masa datang. Menghentikan candu rokok adalah salah satu hal yang sangat sulit dilakukan sehingga membutuhkan tekad yang luar biasa demi memperbaiki kesehatan tubuh. Dengan konsisten tidak merokok, kandungan nikotin dalam tubuh pun sedikit demi sedikit akan berkurang. Untuk memastikan anda berhenti merokok, anda juga harus menghindari minuman berkafein layaknya kopi, minuman manis-manis, dan juga alkohol yang bisa menarik anda ke candu pada nikotin kembali.

Setelah rasa candu pada merokok bisa dihilangkan, kita bisa mulai mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak. Minimal, kita harus meminum delapan gelas air setiap harinya agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Dengan cairan tubuh yang banyak, tubuh pun bisa melakukan detoksifikasi atau proses pembuangan racun layaknya nikotin dengan lebih mudah. Dengan air yang banyak, maka racun layaknya nikotin bisa dengan mudah terbuang melalui air kencing. Memang, resiko dari meminum banyak air tentu akan membuat kita bolak-balik ke kamar mandi. Namun, dengan kadar nikotin dalam tubuh yang semakin menurun, hal tersebut tentu layak untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga:  Gara-Gara Salah Mengisi Obat Tetes Mata Dengan Isi Rokok Elektronik, Mata Wanita Ini Cedera

Makanlah makanan yang kaya akan elektrolit yang bisa membantu nikotin terdetoksifikasi. Buah-buahan layaknya seledri, ketimun, tomat, apel, ubi jalar, hingga kacang hijau memiliki kandungan elektrolit yang bisa membantu kita menghilangkan kadar nikotin. Disamping buah-buahan, sayran kaya serat juga bisa membantu detoksifikasi nikotin pada tubuh. Untuk membuat proses detoksifikasi nikotin menjadi lebih baik, kita bisa mulai mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas serta diiringi dengan olahraga di pagi hari sehingga tubuh pun menjadi semakin bugar.