Panduan Membersihkan Mulut Bayi dengan Mudah

doktersehat kebersihan mulut bayi
Designed by Freepik.com

DokterSehat.Com– Kebersihan mulut bayi sering kali terabaikan oleh orang tua. Banyak orang tua beranggapan bahwa kebersihan mulut bayi tidak perlu dijaga karena belum memiliki gigi. Padahal kebersihan mulut bayi yang tidak terjaga dapat menyebabkan risiko infeksi dan berbagia penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Cara membersihkan mulut bayi

Kebersihan mulut bayi tetap perlu dijaga meskupun bayi belum memiliki gigi. Mulut merupakan pintu masuk bagi makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada bagian tubuh lainnya. Jika tidak dibersihkan secara teratur, hal ini dapat memicu infeksi.

Bagi Anda yang ingin membersihkan mulut bayi, sebaiknya cuci tangan sebelum membersihkan mulut bayi. Bersihkan menggunakan kasa atau lap bersih yang mudah dibungkus di sekitar jari atau menggunakan sikat gigi bayi yang dimasukkan ke jari.

Mulailah membersihkan mulut bayi dengan menyeka bagian mulut, gusi dan lidah bayi dengan air hangat. Setelah itu baru bersihkan bagian dalam mulut bayi. Saat membersihkan bagian dalam mulut bayi, usap gusi dan rongga mulut bayi dengan perlahan dan lembut. Anda disarankan untuk membersihkan mulut bayi setiap habis menyusui.

Jika bayi sudah memiliki gigi, membersihkan mulut bayi pun harus lebih cermat. Anda mungkin belum memerlukan pasta gigi bayi, namun Anda sudah bisa menyikat gigi anak Anda dengan sikat gigi khusus untuk bayi.

Perhatikan ukuran dan tekstur bulu dari sikat gigi bayi. Pilih yang berbahan lembut dengan ukuran kepala kecil agar mudah menjangkau bagian dalam mulut. Saat pertama kali anak tumbuh gigi mungkin belum mengetahui bagaimana cara memegang sikat gigi dengan benar, untuk itu terus dampingi anak hingga ia mampu mengarahkan sikat gigi dengan baik.

Jika Anda menemukan sisa makanan yang susah dibersihkan, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang dibasahi lalu oleskan pasta gigi seukuran biji jagung untuk menghilangkannya. Ingat, sisa makanan yang tidak dibersihkan sempurna dapat memicu pertumbuhan bakteri di mulut bayi.
Jangan lupa juga untuk mencuci atau membilas mulut bayi dengan benar untuk membersihkan sisa pasta gigi di mulut bayi.