Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi

DokterSehat.Com – Jika seorang bayi baru saja dilahirkan, maka kita tentu memiliki anggapan bahwa bayi masih dalam kondisi yang sangat segar, sangat lembut, namun juga sekaligus sangat rapuh. Bayi biasanya masih belum memiliki refleks yang baik untuk melawan beberapa polusi atau masalah yang bisa dengan mudah mempengaruhi kesehatannya. Sebagai contoh, untuk area hidung dan telinga yang rawan sekali dimasuki debu tentu saja harus dibersihkan oleh orang tuanya agar kondisinya tetap steril dan bebas bakteri. Masalahnya adalah, jika hidung dan telinga bayi dibersihkan layaknya kita membersihkan telinga atau hidung orang dewasa, alih-alih membuat kedua organ itu bersih, yang terjadi adalah organ tersebut justru luka karena kita asal membersihkannya.

doktersehat-bayi-cottonbud

Untuk area telinga yang tentu masih sangat rapuh, maka kita harus melakukan pembersihan dengan sangat hati-hati. Jika ibu tidak benar-benar yakin bisa membersihkan telinga bayi dengan aman, anda juga bisa meminta bantuan dokter atau bidan untuk membersihkannya. Hanya saja, andai ibu yakin untuk membersihkannya sendiri, obat pembersih telinga jelas harus sesuai dengan kebutuhan bayi tanpa adanya efek samping. Membersihkan telinga bayi sendiri bukanlah mengorek lubang telinga hingga kotorannya keluar layaknya pada orang dewasa, namun bersihkanlah area lubang telinga dan daun telinga agar lebih bersih.

Untuk hidung sang bayi, ada baiknya kita menjaga hidung bersih dari kotoran maupun ingus yang tentu saja bisa membuat pernafasan sang bayi terganggu. Kita bisa memakai cotton bud yang telah direndam air hangat sebagai alat untuk mengorek lubang hidung bayi secara perlahan dan tidak terlalu dalam. Satu hal yang pasti adalah, ibu sebaiknya melakukan pembersihan dengan sangat berhati-hati dan juga pelan agar hidung bayi yang masih rawan ini tidak mudah terluka.

Baca Juga:  Anak Kecil Juga Bisa Stres

Kita sendiri bisa menggunakan internet untuk mencari video cara aman membersihkan hidung dan telinga bayi merasa masih ragu untuk membersihkan telinga atau hidung bayi. Dengan hidung dan telinga yang bersih, bayi pun tentu akan berada dalam kondisi sehat dan perkembangan yang maksimal.