Memberikan ASI Lebih Lama Pada Bayi Bisa Membuatnya Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Segera setelah bayi dilahirkan, ada baiknya ibu segera memberikan asupan ASI bagi sang buah hati sebagai asupan utama dan satu-satunya yang diterima oleh bayi. Menurut pakar kesehatan, dengan memberikan ASI secara eksklusif, bayi akan mendapatkan pertumbuhan fisik dan mental yang sangat baik. ASI bahkan dianggap mampu memberikan perlindungan maksimal bagi bayi agar tidak terkena berbagai masalah kesehatan. Namun, tahukah anda, pemberian ASI pada bayi ternyata juga bisa berpengaruh besar pada perilaku sang anak saat semakin bertambah usia kelak. Bahkan, lama tidaknya pemberian ASI dari sang ibu bisa berpengaruh besar bagi hal ini.

doktersehat-ibu-bayi-suara-perkembangan-otak

Sebuah penelitian yang dilakukan Glasgow University dilakukan pada 1.500 anak dengan rentang usia 7 hingga 11 tahun yang tinggal di Afrika Selatan. Sejumlah anak-anak ini kemudian dimonitor perilakunya sehari-hari oleh para pakar kesehatan yang terlibat dan dipelajarilah sejarah mereka mendapatkan ASI dari ibundanya. Hasilnya adalah, anak-anak yang cenderung hanya mendapatkan asupan ASI selama satu bulan atau kurang aakn cenderung memiliki perilaku yang jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan anak yang mendapatkan ASI hingga usia yang lebih direkomendasikan, yakni enam bulan.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, dr. Tamsen Rochat menyebutkan jika ASI eksklusif ternyata tidak hanya bermanfaat bagi fisik sang bayi, namun, juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh bayi dan sistem pencernaan bayi tumbuh dengan maksimal. Selain itu, jika bayi mendapatkan ASI minimal selama enam bulan, maka resiko terkena kanker pun cenderung semakin menurun dan uniknya memiliki perilaku yang cenderung lebih lembut dan lebih baik.

Karena dasar penelitian inilah, National Health Service dari Inggris sangat menyarankan ibu untuk setidaknya memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati selama enam bulan dan jika memungkinan terus memberikannya dengan makanan pendamping ASI. Dengan lebih lama memberikan ASI bagi sang buah hati, anak pun akan semakin mendapatkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang baik.