Membentuk Payudara Indah dengan Latihan Bodybuilding

DokterSehat.com – Latihan bodybuilding dapat membentuk otot secara intensif baik pada pria maupun wanita. Sayangnya, kebanyakan wanita memilih untuk tidak melakukan latihan ini karena takut payudaranya mengecil.



Padahal payudara yang mengecil setelah latihan bodybuilding bisa jadi akibat kesalahan saat latihan. Jenis dan porsi latihan yang tepat akan membentuk payudara menjadi makin indah.

Pada dasarnya bodybuilding tidak menambah atau mengurangi jaringan payudara. Saat latihan bodybuilding lemak tubuh akan hilang sehingga bisa jadi ukuran payudara berkurang karena jaringan payudara terdiri dari lemak .

Ukuran payudara berhubungan erat dengan hormon. Beberapa wanita dapat kehilangan hampir seluruh jaringan payudaranya bersamaan dengan lemak tubuh yang hilang. Sementara pada wanita lainnya hanya terlihat sedikit penurunan.

Payudara berada di atas otot-otot dada yang besar. Latihan pada otot dada bisa menambah ukuran dan mengencangkannya. Namun, bila latihan terlalu ekstrim atau terlalu ringan maka jaringan payudara mungkin tidak akan berkembang maksimal.

Besar kecilnya payudara tergantung pada intensitas latihan yang dilakukan. Bila intensitasnya sedang, awalnya payudara akan terlihat kecil karena mengencang. Bila latihan dilakukan terus-menerus maka lemak akan berkurang dan otot makin mengembang sehingga payudara akan menjadi lebih besar.

Latihan yang dilakukan terlalu keras justru bisa membuat jaringan payudara menipis dan mengecil. Bila latihan yang dilakukan malah membat payudara mengecil maka sebaiknya hentikan latihan karena kondisi tersebut menandakan bahwa latihan yang dilakukan salah.

Menurut pelatih fitnes, Dicky Ramadhani, latihan beban seperti chest press dapat membuat otot-otot berkontraksi dan memadat. Latihan ini cocok untuk wanita yang sudah memiliki anak, sering berlatih chest press bisa membentuk otot dada yang lebih kencang.

Perubahan otot dada ini otomatis dapat membuat bentuk payudara menjadi lebih baik. Latihan otot dada (Pectoralis) tidak akan membuat payudara wanita mengecil, tapi justru membuat bentuknya makin indah. Perubahan ini disebabkan otot-ototnya menjadi lebih kencang. Bagi wanita yang ingin melatih otot pectoralisnya, disarankan untuk melakukan latihan Fly dan Decline Chest Press.

Baca Juga:  Teh Hijau dapat meningkatkan kasiat Antibiotik

Dr. Michael mengingatkan bila perubahan otot yang terjadi tidak berhasil maka sebaiknya segera ubah latihan dan konsultasikan dengan ahlinya. Latihan yang salah jika diteruskan justru akan membahayakan.