Membeli Multivitamin Ternyata Ada Aturannya, Lho

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah pola pikir yang unik di masyarakat Indonesia dimana jika seseorang tiba-tiba mengalami sakit ringan layaknya flu atau pilek atau saat terlihat sangat tidak enak badan, maka orang lain pun akan langsung menyarankan agar penderitanya harus membeli multivitamin. Dengan mengkonsumsi multivitamin, banyak penyakit yang diyakini sudah bisa mereda. Pertanyaannya adalah, apakah kita bisa secara sembarangan membeli multivitamin dimana-mana?

doktersehat-obat-minyak-ikan

Jawaban dari pertanyaan di atas ternyata adalah tidak! Membeli multivitamin ternyata haruslah mengikuti beberapa aturan medis tertentu mengingat terdapat beberapa kondisi kesehatan yang ternyata belum tentu cocok untuk mendapatkan multivitamin. Vitamin sendiri sangat penting untuk membantu perkembangan sang buah hati atau bahkan untuk kesehatan orang dewasa. Beberapa kandungan pada multivitamin layaknya vitamin C, kalsium, hingga zat besi memiliki fungsi penting dimana sistem kesehatan tubuh bisa terjaga dan pembentukan sel darah merah serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hanya saja, penambahan multivitamin ini ternyata hanya dianjurkan jika seseorang termasuk kurang dalam mendapatkan gizi yang seimbang dan cukup setiap hari.

Ibu hamil adalah salah satu contoh paling ideal bagi mereka yang membutuhkan multivitamin. Ibu hamil yang masih berusia muda akan membutuhkan asam folat yang bisa mencegah adanya penyakit berbahaya layaknya gangguan tabung. Untuk mengatasinya, ibu hamil tentu sebaiknya mengkonsumsi suplemen asam folat setidaknya hingga 3 bulan masa kehamilannya. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi vitamin D cukup tinggi. Selain di masa kehamilan, ibu yang sedang menyusui atau para lansia juga sebaiknya memperbanyak asupan harian vitamin D yang untungnya bisa dengan mudah didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain ibu hamil, anak kecil dari usia 6 bulan hingga 5 tahun yang cenderung aktif juga sebaiknya kerap diberikan asupan multivitamin tambahan, khususnya yang memiliki kandungan vitamin A, C, dan juga D. Suplemen ini bahkan akan menjadi hal yang penting bagi beberapa anak yang cenderung susah makan sehingga kekurangan asupan gizi yang cukup parah.