Membedakan Stretch Marks dan Selulit

DokterSehat.Com – Bagi kaum wanita, stretch marks dan selulit adalah masalah pada kulit yang akan sangat mengganggu. Bagaimana tidak, tampilan kulit mereka jelas akan menjadi sangat buruk karena adanya masalah kulit ini. Yang menarik adalah, sebagian wanita masih belum bisa membedakan antara stretch marks dengan selulit sehingga kerap melakukan penanganan yang kurang tepat. Sebenarnya, seperti apakah perbedaan dari masalah pada kulit ini?

doktersehat-selulit-gendut-gemuk-perut

Kita bisa membahas selulit terlebih dahulu. Selulit sendiri bisa dijelaskan sebagai kondisi dimana ada lemak pada bawah permukaan kulit. Lemak ini akan sangat mudah terlihat karena aka nmenonjol dan mendorong jaringan ikat pada permukaan kulit. Selulit akan membuat tampilan kulit menjadi bergelombang dan tidak rata. Kaum hawa, apalagi yang memiliki riwayat keluarga yang mudah mengalami selulit akan cenderung beresiko tinggi mengalami masalah kulit ini. Seringkali, selulit ini terjadi pada area paha bagian belakang, payudara, pinggang, dan juga bokong.

Seringkali, penyebab dari selulit ini adalah lambatnya sistem metabolism tubuh, apalagi jika dikombinasikan dengan pola makan yang buruk dan minimnya aktifitas fisik. Selain itu, perubahan hormone juga bisa memicu masalah selulit ini.

Stretch marks bisa dijelaskan sebagai kondisi dimana ada garis-garis berwarna putih yang muncul pada kulit. Biasanya, garis-garis ini akan terjadi karena elastisitas kulit yang buruk dan kulit yang meregang dengan drastis. Tak hanya ditemukan di perut, area layaknya paha, pinggul, lengan, punggung, hingga payudara bisa mengalami stretch marks. Jika selulit lebih sering menyerang kaum hawa, maka stretch mark bisa menyerang pria maupun wanita. Seringkali, stretch marks juga terjadi ketika seseorang mengalami penurunan berat badan dengan signifikan atau saat seorang wanita sedang hamil.