Membedakan Infeksi Virus dan Bakteri Dari Faktor Resikonya

DokterSehat.Com– Virus dan bakteri adalah dua hal yang paling sering menjadi penyebab kita jatuh sakit. Ada banyak sekali penyebab mengapa virus dan bakteri bisa mendatangi tubuh kita. Sebagai contoh, kita tidak menjaga kebersihan badan atau lingkungan tempat tinggal dengan baik. Berikut adalah beberapa faktor resiko yang menyebabkan kita bisa terkena infeksi virus atau bakteri.

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Di saat musim hujan seperti sekarang ini, banyak orang yang menderita flu. Tak hanya anggota keluarga atau tetangga, teman kerja juga bisa saja terkena penyakit ini dan menularkannya pada orang lain. Sebagai informasi, flu disebabkan oleh infeksi virus. Jika mereka batuk-batuk, bersin, dan menutupinya dengan tangan namun kemudian dipakai untuk memegang banyak hal atau bahkan menjabat tangan kita, maka ada kemungkinan kita juga akan tertular virus ini dan terinfeksi.

Tak hanya orang dewasa yang tinggal bersama dengan banyak orang yang sedang sakit, anak-anak dan balita juga cukup rentan ntuk terkena infeksi virus. Hal ini akan menyebabkan mereka lebih mudah terkena infeksi saluran pernafasan atas layaknya pada rongga hidung, sinus, faring, dan pangkal tenggorokan. Biasanya, anak akan menunjukkan gejala seperti sakit pada tenggorokan, bersin-bersin, dan batuk-batuk. Kondisi ini tentu harus segera dibawa ke dokter.

Yang tidak banyak orang duga adalah infeksi bakteri seringkali justru diawali oleh infeksi virus. Sebagai contoh, jika kita terkena infeksi sinus yang memang disebabkan oleh virus, maka hal ini bisa saja meningkatkan perkembangan bakteri. Jika kita terkena dua jenis penyakit dalam waktu yang sama atau berdekatan, maka ada kemungkinan kita sudah terkena infeksi bakteri.

Satu hal yang pasti, kita harus memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter untuk memastikan apakah penyebab dari masalah kesehatan kita adalah virus atau bakteri agar mendapatkan obat yang tepat.