Membedakan Anemia dan Tekanan Darah Rendah

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kerap menimpa kaum hawa adalah anemia atau yang uniknya kerap dianggap oleh banyak orang sebagai masalah kurang darah. Padahal dalam realitanya, anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan zat besi. Yang menjadi masalah adalah, banyak masyarakat awam yang kesulitan membedakan masalah anemia ini dengan kondisi tubuh yang mengalami tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan gejala dari kedua masalah kesehatan ini cenderung mirip, yakni lemas, mudah lelah, dan juga pusing-pusing. Lantas, adakan cara untuk membedakan anemia dengan tekanan darah rendah?

shutterstock_262709795 copy

Pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD(K) menyebutkan jika penderita anemia akan mengalami kondisi dimana sel darah merah pada tubuhnya memiliki kadar yang sangat rendah. Normalnya, bagi kaum hawa kadar hemoglobin dalam darah sekitar 12-16 gr/dl, sementara itu, bagi pria normalnya 13,5 hingga 18 gr/dl. Jika kadar hemoglobin atau sel darah merah ini kurang dari angka tersebut, maka penderitanya jelas akan lebih pucat dan lemas. Terdapat banyak sekali penyebab munculnya masalah anemia. Sebagai contoh, beberapa orang mengalami kondisi kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, wanita saat sedang hamil atau menyusui, atau karena sedang mengalami pendarahan atau kekurangan zat besi. Sayangnya, beberapa penyakit berbahaya layaknya kanker ternyata juga bisa menimbulkan kondisi anemia yang tentu harus diwaspadai.

Berbeda dengan anemia, tekanan darah rendah atau hipotensi adalah sebuah kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh berkisar antara 90 mmHg/ 60 mmHg yang tentu sangat kurang dari normal. Jika kita memiliki tekanan darah serendah ini, kita pun akan dengan mudah mengalai pusing-pusing dan sangat lemas. Wanita yang sedang menstruasi atau hamil memiliki resiko besar mengalami masalah tekanan darah rendah.

Baca Juga:  Pria Juga Butuh Estrogen Untuk Mempertahankan Libido

Dr Ari Fahrial menekankan kita untuk lebih baik dalam mengenali apa penyebab dari rasa lemas pada tubuh kita dan jangan asal mengkonsumsi suplemen zat besi begitu saja karena bisa jadi kita malah menimbulkan masalah kesehatan lain. Sebagai contoh, jika kita mengalami masalah tekanan darah rendah, tentu kita akan mengetahuinya dengan melakukan tes tekanan darah pada dokter-dokter terdekat. Jika ternyata tekanan darah kita normal, maka kita pun bisa berkonsultasi pada dokter apakah ternyata rasa lemas dan pusing-pusing ini ternyata disebabkan oleh anemia.