Ponsel Aktif saat Tidur Dapat Menimbulkan Penyakit

Doktersehat.com – Saat ini ponsel bukan lagi menjadi barang langka. Hampir semua orang menggunakan alat komunikasi ini. Kini ponsel sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup modern. Ponsel tidak hanya digunakan untuk telepon saja, sekarang Anda dapat menggunakan fitur-fitur menarik untuk memenuhi gaya hidup modern saat ini. Mulai dari  bersosialisasi melalui jejaring sosial sampai melakukan aktivitas perbankan. Akibatnya, tak jarang orang membawa ponsel sampai pada waktunya tidur.  Tahukah Anda bahwa membawa ponsel saat tidur dapat berakibat buruk bagi kesehatan?



Masalah utama yang akan muncul ketika seseorang tidur dengan membawa ponsel dalam kondisi menyala adalah terganggunya kualitas tidur. Berawal dari tidur yang tidak nyenyak itulah, berbagai penyakit dan gangguan kesehatan bisa muncul belakangan.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa dialami akibat suka membawa ponsel ke tempat tidur antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Livescience dan MSNBC, Minggu (30/9/2012).

1. Kurang tidur
Kualitas tidur orang yang tetap mengaktifkan ponsel dan meletakkannya di dekat tempat tidur akan berkurang karena sering terbangun tengah malam hanya untuk membaca SMS yang masuk. Dampak dari kualitas tidur yang buruk ini sangat luas, termasuk menurunnya prestasi akademis dan juga kesehatan secara keseluruhan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk membuat orang rentan obesitas, diabetes serta gangguan jantung.

2. Sleep texting
Pakar kesehatan tidur di Amerika Serikat, Dr Marcus Schmidt mengatakan 4 dari 5 remaja selalu membawa ponsel saat tidur dan hanya 1 dari 10 remaja yang benar-benar mematikan ponselnya saat tidur. Karena tidurnya jadi tidak nyenyak, maka para remaja ini rentan mengalami sleep texting atau berkirim SMS saat tidur. Menurut Dr David Cunnington mengirim pesan atau SMS selagi tidur  merupakan akibat stres yang dialami seseorang, terlebih lagi padatnya aktivitas dan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan sepanjang hari. “Orang-orang terlalu banyak kegiatan setiap harinya sehingga terkadang mereka merasa harus selalu siap ketika ada panggilan meskipun di waktu istirahat malam. Apalagi kini fasilitas smartphone mempermudah semua komunikasi.” Lalu bagaimana agar bisa menghindari stres gaya baru tersebut? Dr David Cunnington mengingatkan untuk menjauhkan ponsel dari kasur jika menginkan istirahat yang berkualitas di malam hari. “Poin utamanya adalah bahwa orang perlu menghargai waktu tidur dan berusaha mematikan HP pada malam hari,” tambahnya.

Baca Juga:  Tidur Bersama Anak Bikin Ayah Lebih Peka

3. Gangguan mental
Berkurangnya kualitas tidur akibat tidak mematikan ponsel saat tidur juga berpengaruh pada kesehatan kejiwaan. Sebuah penelitian di Jepang mengungkap, remaja yang tidur dengan membawa ponsel lebih rentan terhadap kecenderungan bunuh diri. Tidak diketahui pasti hubungannya, namun kurang tidur memang bisa memicu depresi yang meruapakan salah satu pencetus kecenderungan bunuh diri. Terlebih karena penelitiannya dilakukan di Jepang, faktor budaya juga berpengaruh karena angka bunuh diri di negara ini memang sangat tinggi.

Dari berbagai sumber