Memar Tidak Selalu Disebabkan Oleh Benturan

DokterSehat.Com – Kadangkala kita cukup heran mendapati kondisi kulit pada beberapa bagian tubuh yang mengalami memar-memar saat bangun pagi. Kita akan langsung berpikir apakah kita sempat terjatuh atau terbentur sesuatu saat malam harinya. Memang, memar akan cenderung muncul karena adanya hantaman atau benturan pada tubuh yang cukup keras. Namun, tahukah anda jika memar juga bisa muncul dari beberapa hal yang tak terduga dan berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab memar yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

shutterstock_102299608 copy

Selain karena benturan, memar akan paling mudah muncul jika kita mengalami kekurangan asupan beberapa jenis vitaimn. Tahukah anda, vitamin ternyata berperan besar dalam membantu pengobatan dari luka. Sebagai contoh, adanya vitamin B 12 yang berperan aktif dalam membuat sel darah merah. Kekurangan jenis penyakit ini bisa membuat munculnya memar-memar pada tubuh. Selain itu, jika kita kekurangan vitamin K yang ikut berperan dalam pembekuan darah dan juga vitamin C, maka memar juga akan cenderung lebih mudah muncul.

Beberapa jenis penyakit juga bisa memberikan efek samping berupa munculnya memar-memar. Sebagai contoh, seorang pengidap diabetes akan mengalami masalah besar dalam sirkulasi darah, apalagi jika pengidap diabetes juga memiliki kadar glukosa dalam tubuh terlalu tinggi atau hiperglikemia yang rentan merusak pembuluh darah sehingga cukup rentan mengalami memar-memar. Selain itu, jika seseorang mengalami penyakit trombositopenia atau gangguan pada pembukan darah, maka Ia pun akan mengalami penurunan kadar platetet yang bisa membantu menghentikan pendarahan. Kurangnya kadar platetet inilah yang ditengarai ikut memicu munculnya memar-memar.

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kemungkinan untuk mendapatkan memar-memar juga jauh meningkat. Kulit yang semakin menipis bisa membuat perubahan di dalam lapisan kulit dan memicu memar-memar. Satu hal yang pasti, jika memar-memar muncul dengan frekuensi yang cukup sering, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan peannganan medis yang terbaik.