Memantau Perkembangan Emosi Anak

DokterSehat.Com – Dalam hidupnya setiap individu akan mengalami perkembangan psikis dan fisik dan bagi para orang tua memahami Cara Memantau Perkembangan Emosi Anak sangat penting karena dalam arti yang sesungguhnya dimaksud dengan perkembangan adalah perkembangan secara psikis. Dari beberapa tahapan perkembangan individu yang terjadi di dalam hidupnya diantaranya yang sangat penting adalah perkembangan pada masa anak. Sedangkan secara fisik perkembangan sering disebut dengan pertumbuhan.



Tahap perkembangan individu pada masa anak

Masa anak merupakan suatu masa pada saat seorang individu sedang menggali potensi pada dirinya dalam rangka mencapai kematangan pada saat ia dewasa nanti. Perkembangan intelektual atau kognitif dan perkembangan emosional atau afektif pada anak dan remaja sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berupa faktor personal ataupun faktor sosio kultural.

Tahapan perkembangan emosi pada anak memiliki ciri-ciri tertentu namun yang jelas pada masa anak inilah setiap individu mengalami masa sekolah. Dengan demikian yang berperan dalam memahami dan perkembangan emosi anak dalam dunia pendidikan adalah setiap guru, sehingga diharapkan selain orang tua di rumah guru dapat menilai tingkat kematangan setiap anak didiknya.

Cara memantau perkembangan emosi anak

Untuk memahami tingkat kematangan afektif anak, orang tua dan guru dapat memanfaatkan pengetahuan tentang enam tahapan perkembangan afektif yang seharusnya dilalui oleh setiap anak yang normal. Pada tiap tahap pengalaman emosional yang sesuai merupakan dasar bagi berbagai kemampuan anak meliputi kemampuan emosional, social, kognitif, ketrampilan, bahasa serta konsep dirinya di masa depan. Harus diingat bahwa tahapan-tahapan tersebut berlangsung secara berkesinambungan. Gangguan perkembangan biasanya tidak terjadi apabila anak-anak berada dalam pengasuhan yang hangat. Keenam tahapan biasanya berakhir secara normal pada saat seorang anak berusia 4-5 tahun namun mereka yang berkebutuhan khusus akan memerlukan waktu yang lebih lama. Namun demikian dibandingkan bagaimana kualitas pencapaiannya waktu atau pada umur berapa tercapainya tidak lebih penting.

Baca Juga:  Tips Mencerdaskan Otak Anak

Adalah tugas orang tua dan guru untuk mengenali kemampuan emosi apa saja yang telah dimiliki oleh anak asuhnya dan mana yang belum atau membutuhkan penguatan. Idealnya hasil pengamatan ditampilkan dalam daftar rating scale dengan skor pencapaian dan umur. Singkatnya menurut berbagai pengamatan psikologis, Cara Memantau Perkembangan Emosi Anak secara sederhana adalah dengan memperhatikan sang anak pada saat berinteraksi, bermain dan beraktivitas lalu memperkirakan tahapan yang telah dilalui karena tahapan-tahapan itu berkesinambungan.