Memakai Soft Lens Terlalu Lama Tidak Baik Bagi Kesehatan Mata

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang memiliki masalah dengan penglihatan, kaca mata bisa menjadi solusi untuk membuat penglihatan menjadi normal kembali. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap kacamata sebagai sesuatu yang tidak cocok dengan fashion sehingga memutuskan untuk memakai soft lens atau lensa kontak yang cenderung lebih trendi. Memang, soft lens dengan pilihan warna yang menarik akan membuat tampilan lebih cantik jika dibandingkan dengan kacamata. Namun, penggunaan soft lens yang berlebihan tentu saja akan tidak baik bagi kesehatan mata.

shutterstock_98103467 copy

Dunia pendidikan atau dunia kerja modern yang bisa memaksa orang beraktifitas hingga larut malam tentu saja bisa memaksa pengguna soft lens untuk memakainya hingga tugasnya selesai dikerjakan. Sayangnya, durasi lama memakai soft lens ternyata bisa memicu iritasi pada mata. Debu, kotoran, dan juga soft lens yang menempel langsung pada mata tentu saja berpotensi menggesek mata dengan mudah, apalagi jika soft lens kurang dibersihkan dengan baik. Jika iritasi ini berlanjut, area kornea mata bisa terkena infeksi yang berasal dari kuman, virus, atau bahkan jamur. Untuk menghindari hal ini soft lens harus dibersihkan dengan cairan pembersih secara teratur agar benar-benar steril saat dipakai.

Jika soft lens terlalu ketat menempel pada mata, maka kornea mata bisa terkena noda. Noda kornea ini sendiri terjadi sat mata mengalami kekurangan oksigen dan mengalami alergi karena lensa kontak terlalu ketat. Noda ini juga membuat mata terlalu sensitif memandang cahaya. Dalam beberapa kasus, penggunaan lensa kontak juga bisa membuat penyakit edema atau mata merah dan berair, khususnya jika soft lens dilepas. Penyakit ini bisa membuat mata menjadi lebih lelah dan mengaburkan pandangan.

Baca Juga:  Waspadai, Kanker Pada Anak!

Jangan korbankan mata anda jika ternyata mata sudah sangat lelah menggunakan soft lens. Banyak orang yang melaporkan munculnya kerak pada kornea mata yang disertai rasa terbakar yang disebut sebagai blepharitis. Istirahatkan mata dengan melepas soft lens dan cucilah soft lens dengan benar. Jika mata sudah sangat lelah, kita bisa mengkompresnya dengan air hangat. Namun, jika mata kita mengalami iritasi atau infeksi, maka segeralah ke dokter ahli mata agar mendapatkan penanganan yang tepat.