Memakai Parfum Berlebihan Ternyata Bisa Membuat Orang Lain Sakit

DokterSehat.Com– Agar tidak mengalami bau badan, cukup banyak orang yang memakai parfum sebelum pergi ke tempat beraktifitas. Sayangnya, cukup banyak orang yang memakainya dengan berlebihan sehingga aroma parfum di tubuhnya pun menjadi sangat kuat. Tidak semua orang ternyata suka dengan aroma parfum yang terlalu kuat. Yang tidak disangka adalah, ada sebagian orang yang sensitif pada bau parfum ini bahkan bisa membuat mereka jatuh sakit.

doktersehat-belimbing-vitamin-starfruit-obat-batuk

Michele Goldman yang berasal dari Asthma Australia menyebutkan bahwa mereka yang sensitif pada parfum bisa saja mengalami serangan asma. Dalam penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatannya, diketahui bahwa 43 persen penderita asma mengaku jika bau yang kuat mampu memicu serangan asma pada dirinya. Tak hanya parfum, bau lain seperti zat pembersih, cat, atau bau pengharum ruangan juga bisa memicu masalah asma ini.

Penelitian lain yang dilakukan di University of Piaui menyebutkan bahwa 86 persen orang yang menderita migrain ternyata juga mengalami osmofobia, kondisi terlalu sensitif pada bau. Professor Silva-Neto yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa lebih dari sepertiga pasien migrain ini langsung mengalami sakit kepala saat terpapar aroma wewangian yang sangat kuat. Professor Jesper Elberling yang berasal dari Gentofte Hospital menyebutkan bahwa setidaknya ada 1 dari 300 orang di dunia yang bisa mengalami kondisi sensitivitas berlebihan pada wewangian yang juga disebut sebagai multiple chemical sensitivity ini.

Dalam beberapa kasus yang cukup jarang, ada orang yang bahkan mengaku langsung mengalami sakit kepala, sakit tenggorokan, atau gatal-gatal pada mata saat terpapar bau parfum yang terlalu kuat. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak memakai parfum dengan berlebihan agar tidak membuat orang lain sakit.