Memakai Kosmetik Membuat Kulit Kita Terpapar Berbagai Bahan Kimia

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, kosmetik telah menjadi salah satu peralatan yang bisa menambah rasa percaya diri mereka. Dengan memakai peralatan kosmetik, mereka bisa membuat tampilannya menjadi lebih baik sehingga bisa terlihat lebih menarik, lebih profesional, hingga lebih cantik. Sayangnya, dibalik kemampuan kosmetik yang bisa membuat tampilan wanita menjadi lebih baik ini, terdapat banyak sekali bahan kimia yang langsung memapar kulit. Jika wanita memakai kosmetik hampir setiap hari, maka tentu bisa dibayangkan ada berapa banyak kadar bahan kimia yang berada dalam kulitnya?

doktersehat-makeup-wajah-wanita

Memang, kini banyak merek kosmetik yang mengklaim jika bahan kimia yang digunakan cukup aman bagi kesehatan kulit. Namun, tanpa kita sadari terdapat banyak sekali bahan kimia yang sebenarnya kurang baik jika dipakaid alam jangka waktu yang lama karena bisa mengganggu sistem hormonal tubuh layaknya bahan trikolsan, oxybenzon, paraben, atau bahkan platalet. Dengan terganggunya sistem hormonal pada tubuh, maka wanita pun beresiko mengalami berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan saraf dan juga masalah ketidakseimbangan pada sistem tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh California University di Berkeley, Amerika Serikat, melibatkan 100 partisipan yang diminta untuk menghentikan pemakaian produk kosmetik maupun produk perawatan tubuh setidaknya selama tiga hari. Hasilnya adalah, para partisipan kemudian diteliti pada kulitnya dan ditemukanlah jika kadar bahan kimia yang beresiko mengganggu sistem hormonal tubuh mengalami penurunan dengan sangat signifikan. Sebagai contoh, kandungan propyl paraben yang banyak ditemui pada kosmetik akan menurun hingga 45 persen, kandungan methyl parabens pada kosmetik turun 44 persen, kandungan triklosan, kandungan benzophenone-3 pada produk tabir surya, dan juga kadar diethyl phtahalete yang ditemui pada parfum juga akan menurun hingga 27 persen.

Baca Juga:  Rambut Rontok Karena Sirkulasi Darah Terganggu

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan wanita untuk menyempatkan diri memberikan waktu bagi kulit dan wajahnya terbebas dari kosmetik atau produk perawatan selama beberapa hari sehingga kadar bahan kimia yang kurang baik bagi kesehatan pun bisa menurun dengan signifikan.