Memakai Kipas Angin Saat Tidur Sangatlah Tidak Baik

DokterSehat.Com – Kondisi Indonesia yang berada di iklim tropis tentu akan memberikan suhu yang cenderung hangat dan panas, baik siang maupun malam di hampir semua wilayah tanah air. Suhu yang cenderung panas ini tentu akan kurang nyaman untuk tidur sehingga banyak orang yang menggunakan kipas angin untuk menurunkan suhu ruangan dan membuat tidur tidak lagi harus disertai dengan keringat bercucuran. Memang, kipas angin yang menyala saat tidur bisa memberikan tidur yang nyenyak dan pulas. Sayangnya, menggunakan kipas angin ternyata juga bisa memberikan masalah kesehatan yang berbahaya bagi tubuh.

doktersehat-kamar-tidur-kipas-angin

Kipas angin memang mampu membuat suhu ruangan menjadi dingin dan lebih nyaman. Sayangnya, kipas angin cenderung tidak mampu membuat penyaringan udara yang cukup bagi tubuh sehingga banyak sekali kuman, virus, dan bakteri yang disalurkan kipas angin ke tubuh kita. Banyak sekali kasus infeksi saluran pernafasan yang disebabkan karena kebiasaan memakai kipas angin saat tidur. Beberapa orang bahkan berkata bahwa kebiasaan memakai kipas angin saat tidur bisa memicu masalah sesak nafas, khususnya jika sirkulasi udara dalam ruangan sangat buruk dan membuat pasokan oksigen cenderung menurun.

Kipas yang dipakai sepanjang waktu tidur bisa memicu ketidakseimbangan suhu tubuh sehingga aktivitas sel imunitas tubuh pun terganggu. Keringat yang dikeluarkan saat tidur bisa jadi adalah cara dimana tubuh mengeluarkan banyak racun. Sayangnya, kipas angin justru bisa membuat por-pori mengecil dan keringat pun tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Tubuh pun cenderung akan mengalami masalah kekurangan air dan membuat mulut menjadi mudah kering. Disamping itu, otot-otot yang seharusnya bisa beristirahat saat tidur pun cenderung akan mengalami kekakuan dan rasa nyeri yang bisa dirasakan saat bangun tidur karena produksi cairan yang melumasi otot-otot tersebut justru menurun.

Baca Juga:  Kecanduan Kopi Bisa Diredakan Dengan Cara-Cara Berikut

Andai suhu ruangan sangat panas, kita tetap masih bisa menyalakan kipas sepanjang waktu tidur, namun, pastikan bahwa kipas tidak langsung mengenai bagian tubuh sehingga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Kipas bisa dipantulkan ke tembok kamar tidur sehingga suhu ruangan pun menjadi lebih sejuk. Disamping itu, pastikan pula bahwa sirkulasi udara kamar tidur cukup ideal sehingga udara bisa digantikan dengan yang lebih besar. Kebersihan ruanganpun haruslah dijaga agar kita tidak menghirup udara yang kurang bersih dari kipas angin.