Memakai Kacamata Hitam Bisa Melindungi Mata

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah pendapat umum di masyarakat tentang penggunaan kacamata hitam. Banyak masyarakat yang berpikir bahwa mereka yang menggunakan kacamata hitam hanya dipakai untuk bergaya sehingga dianggap kurang elok untuk dilakukan. Padahal, dalam realitanya kita hidup di negara tropis dimana siang hari bisa sangat terik dan sangat menyilaukan. Tak percaya? Cobalah berkendara di siang terik dan mata tentu akan berusaha keras melawan silaunya jalan raya. Hal ini berarti kiat tentu bisa memakai kacamata hitam untuk melindungi mata di terik dan silaunya siang hari.

9281874745_325751ba0c_o1

Tahukah anda, jika kita tetap memaksakan mata memandang kondisi terik dan silau di siang hari tanpa kacamata hitam, mata bisa terkena radiasi ultraviolet yang sangat merusak dalam waktu yang singkat. Banyak kasus dimana mata akan terbakar dan mengalami peradangan pada kornea sehingga terasa sangat sakit. Memang, peradangan ini bisa disembuhkan dengan mudah, namun jika mata dipaksa untuk berulang-ulang terkena radiasi ultraviolet tanpa perlindungan kacamata hitam, maka mata pun akan beresiko terkena beberapa masalah seperti sebagai berikut.

Tahukah anda, penyakit katarak yang biasanya menyerang orang tua ternyata juga bisa terjadi karena kebiasaan tidak memakai kacamata hitam di siang yang terik dan menyilaukan? Sinar ultraviolet ternyata diduga bisa menyebabkan kekeruhan pada lensa mata dan menyebabkan penyakit katarak. Selain itu, mata juga bisa mengalami masalah yang disebut sebagai pterygium yakni adanya ketidaknormalan pertumbuhan pada bagian mata yang berwarna putih yang disebut konjungtiva. Ketidaknormalan ini disebabkan oleh seringnya mata melihat terik dan silaunya matahari sehingga kornea pun mengalami kerusakan. Jika sudah terkena masalah pterygium, mata hanya bisa disembuhkan dengan pembedahan.

Baca Juga:  Mensiasati Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Kebiasaan memandang silaunya siang hari dan terkena radiasi sinar ultraviolet juga bisa meerusak lapisan tipis pada bagian belakang mata mata yang mampu menangkap cahaya. Titik pusat retina atau yang disebut sebagai makula pun mengalami gangguan fungsi sehingga penglihatan pun akan mengalami masalah. Selain gangguan pada penglihatan, mata juga memiliki resiko besar terkena kanker melanoma atau bahkan karsinoma sel basal pada kelopak mata.

Dengan banyaknya resiko terkena gangguan kesehatan berbahaya pada mata, jangan paksakan mata untuk melihat silau dan teriknya siang hari tanpa perlindungan. Gunakan kacamata hitam yang bisa membuat mata tidak bekerja dengan terlalu keras dan membuat pandangan di siang hari menjadi jauh lebih nyaman dan aman.