Memakai Headset Terlalu Lama? Awas Gangguan Pendengaran dan Kerusakan Otak!

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berkata jika menikmati musik dengan headset bisa membuat kita benar-benar menghayati lagu yang kita dengarkan. Memang, kini banyak headset dengan kualitas tinggi yang bisa membuat kita menikmati musik tanpa harus menganggu orang lain. Sayangnya, banyak orang yang memakai headset terlalu lama, baik itu saat mereka sedang bekerja atau bahkan hingga mereka tertidur. Ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika memakai headset terlalu lama seperti sebagai berikut.

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita terlalu lama memakai headset, apalagi jika memakai volume yang tinggi dan dengan frekuensi yang cukup sering, maka telinga kita tentu akan langsung dihadapkan dengan sumber suara yang sangat keras dalam waktu yang lama. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita tidak mendengarkan suara dengan volume lebih dari 90 desibel mengingat adanya resiko menyebabkan gangguan pendengaran yang serius yang pada akhirnya berimbas pada kerusakan telinga. Dampak kesehatan lain yang bisa didapatkan dari memakai headset dalam waktu yang terlalu lama adalah terhalangnya saluran udara pada lubang telinga sehingga meningkatkan resiko terkena infeksi dan juga Tinnitus, kondisi dimana telinga kita berdenging tanpa ada penyebab apapun. Tinnitus sendiri kerap kali terjadi karena kotoran di telinga sudah dalam jumlah yang berlebihan akibat dari penggunaan headset yang terlalu lama.

Menggunakan headset terlalu lama ternyata juga bisa berimbas pada kesehatan otak. Tahukah anda jika banyak headset yang memiliki gelombang elektromagnetik yang bisa memicu kerusakan pada otak cukup parah? Infeksi pada telinga juga bisa ikut mempengaruhi kesehatan otak dengan signifikan.

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita bijak dalam memakai headset. Pakar kesehatan menyarankan kita hanya memakainya setidaknya satu jam saja setiap hari dan sebaiknya volume suara yang didengarkan juga tidak keras sehingga kesehatan telinga kita akan tetap terjaga.