Memakai Gadget Terlalu Sering Bisa Beresiko Bagi Kesehatan Mata Anak

DokterSehat.Com – Tidak seperti saat kita kecil dahulu, anak-anak jaman sekarang, bahkan yang masih berusia balita sudah pandai memainkan gadget layaknya smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi bisa membuat mereka asik memainkan peralatan modern ini. Meskipun terlihat mengasyikkan, penggunaan gadget pada anak-anak ini bisa memicu kecanduan yang bisa berbahaya bagi kesehatannya. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa selain bisa mengganggu kualitas tidur anak dan mengganggu cara berkomunikasinya, gadget juga bisa berpengaruh besar pada penglihatan anak.

doktersehat-handphone-gadget-anak-kecil-game-pornografi

Pakar kesehatn dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA(K), MARS, yang berasal dari RSU Bunda Jakarta menyebutkan jika anak berusia kurang dari satu tahun yang sudah sering memakai gadget bisa mengalami gangguan pada perkembangan penglihatannya. Tanpa disadari oleh banyak orang tua, pancaran cahaya dari layar gadget mampu merusak mata dari bayi. Sinar kebiruan dari layar ini bahkan diyakini bisa memicu kerusakan permanen pada bagian macula, bagian belakang mata. Andai hal ini terjadi, mata anak pun akan mengalami degenerasi macula yang membuat mereka akan mengalami masalah penglihatan sejak usia dini.

Dr Ayu menyebutkan jika anak yang sudah terlalu sering memakai gadget sejak dini bisa mengalami gejala-gejala gangguan mata layaknya kerap berair hingga sering berkedip. Hal ini menunjukan jika matanya dalam kondisi kering dan sangat kelelahan karena terlalu lama memandang layar gadget.

Penelitian terbaru dari Chonnam National Hospital di Seoul, Korea Selatan, bahkan menunjukkan fakta mengerikan jika anak terlalu sering memakai gadget dimana anak berusia 7 hingga 16 tahun yang mampu menghabiskan 4 hingga 8 jam dalam sehari untuk memakai gadgetnya, maka mereka akan meningkatkan resiko terkena mata juling. Bagaimana tidak, kebanyakan anak-anak memakai ponsel dalam jarak tidak jauh dari 30 cm dari wajah. Selain itu, anak-anak juga sudah terpapar layar televisi dan layar komputer yang juga kurang baik bagi kesehatannya. Hal ini tentu akan menambah resiko terkena masalah kesehatan mata dengan signifikan.