Memakai Deodoran di Pagi Hari Ternyata Kurang Efektif Menangkal Bau Badan

DokterSehat.Com – Untuk mengatasi masalah bau badan dan menjaga kepercayaan diri, banyak orang yang memakai produk deodoran pada ketiaknya setiap pagi, khususnya di pagi hari setelah mandi pagi. Memang, banyak orang yang mengaku jika kebiasaan ini mampu membuat mereka menahan bau badan selama seharian. Namun, bagi pakar kesehatan, penggunaan deodoran di pagi hari ternyata masih kurang efektif dalam mengatasi masalah bau badan, khususnya dalam mencegah keluarnya keringat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-ketiak-deodoran

Pakar kesehatan dermatologi dari Boston, Jeffery Dover, MD, menyebutkan jika banyak orang yang melakukan aktifitas luar ruangan memakai deodoran di pagi hari demi mencegah munculnya keringat berlebihan atau bau badan. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu bahwa jika kita ingin menekan produksi keringat berlebihan, bukannya memakai deodoran, kita justru seharusnya memakai antiperspirant. Sebagaimana diketahui, antiperspirant adalah semacam senyawa yang bisa membuat produksi keringat ditekan secara maksimal dengan cara menutup saluran keluar keringat, khususnya pada bagian keringat. Sementara itu, banyak orang yang justru memakai deodoran yang sebenarnya berfungsi utama sebagai penyegar aroma tubuh yang biasanya hanya bertahan dalam jangka waktu beberapa jam saja.

Uniknya, anfiperspirant sebenarnya akan jauh lebih baik jika digunakan di malam hari sebelum tidur. Hal ini dikarenakan saat kita tidur, produksi keringat cenderung menurun drastis sehingga jika kita memakainya pada waktu ini, kita seperti sedang membangun bendungan pada sungai yang kering sehingga pada saat pagi atau siang hari produksi keringat melimpah, bendungan ini bisa menahan produksi keringat yang berlebihan.

Memang, kini banyak produk deodoran yang mengandung antiperspirant. Namun, jika kita memakainya di pagi hari, kita seperti baru membangun bendungan pada sungai yang sudah memiliki aliran yang deras sehingga antiperspirant pun tidak akan bekerja dengan maksimal menekan produksi keringat berlebihan. Hal ini berarti, penggunaan deodoran di pagi hari memang kurang efektif menurunkan masalah berat badan.