Memahami Arti Tangisan Bayi

DokterSehat.Com– Bayi yang baru lahir akan sering menangis. Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Kadang bayi menangis karena ia membutuhkan sesuatu, atau menangis hanya untuk menarik perhatian. Bagi orang tua baru terkadang panik jika melihat bayi terus menangis. Namun jika Anda mengetahui artinya, akan lebih mudah untuk menanganinya.

doktersehat-bayi-lahir

Untuk membantu para orang tua baru, berikut ini beberapa arti tangisan bayi yang bisa Anda simak:

Bayi merasa lapar
Bayi sangat membutuhkan ASI dari sejak kelahirannya. Jika bayi menangis seitar 1-2 jam dari terakhir menyusu, maka kemungkinan besar ia merasa lapar. Saat lapar, tangisannya akan lebih keras dari biasanya dan biasanya berlangsung dalam waktu yang lama, makin lama makin keras. Salah satu tanda bayi lapar adalah mulutnya terbuka seperti mencari puting susu ibunya.

Popok penuh atau basah
Bayi yang popoknya penuh atau basah biasanya juga akan menangis karena tidak nyaman. Karena itu, ketika bayi menangis, pertama kali periksa apakah popoknya penuh atau basah. Jika popoknya tidak basah maka cari penyebab lainnya apakah ia digigit nyamuk atau gangguan lainnya. Jika basah, maka segera ganti popoknya untuk mencegah ruam popok. Tangisan bayi karena popok basah biasanya berirama dan teratur secara terus menerus. Semakin lama akan semakin keras bunyinya untuk menandakan bahwa bayi merasa tidak nyaman.

Lelah
Bayi memang belum punya banyak aktivitas, namun bayi juga bisa merasa lelah saat Anda mengajaknya ke suatu acara. Bayi juga bisa merasa lelah saat berada di suasana yang ramai. Bayi yang lelah biasanya menangis seperti merengak atau melengking.

Kolik
Kolik adalah keadaan perut yang nyeri atau sakit karena bayi terlalu banyak menelan udara saat minum atau menyusui. Bayi yang kolik umumnya menangis seperti kesakitan dengan muka memerah, perut tegang, menarik kaki dan mengepakkan tangan. Untuk menanganinya Anda bisa mengoleskan minyak telon pada perut atau punggungnya sambil menepuk lembut.

Baca Juga:  5 Penyebab Bayi Susah Tidur

Gerah atau kedinginan
Bayi juga bisa merasa gerah atau kedinginan. Saat bayi merasa tidak nyaman, ia akan menangis terus menerus. Periksa apakah bayi berkeringat banyak atau kulitnya terasa dingin. Ubah suhu ruangan ke suhu normal atau ajak bayi ke ruangan dengan suhu yang nyaman.