Meluapkan Emosi Bisa Memperpanjang Usia?

Doktersehat.com – Sering kita dengar dampak negatif dari marah. Tapi, kini sebuah penelitian di Jerman menemukan hasil yang berbeda. Menurut hasil riset meluapkan emosi dapat menyehatkan dan memperpanjang umur hingga 2 tahun.



Menurut para peneliti orang Spanyol dan Italia yang mudah marah umurnya lebih lama 2 tahun dibandingkan orang Inggris yang lebih tenang dan kalem.

Memendam emosi dipercaya dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang menginternalisasi kecemasan akan cenderung lebih menderita. Lama- kelamaan kondisi tersebut bisa meningkatkan tekanan darah dan membuat seseorang berisiko terkena penyakit gangguan ginjal, kanker, atau jantung.

Dalam penelitian terbaru yang dilansir jurnal Health Psychologies ditemukan bahwa orang yang cenderung “repressor” lebih rentan terserang penyakit.

Mund menjelaskan bahwa orang yang termasuk dalam kelompok “repressor” dapat dibedakan melalui perilaku defensif dan cara menyembunyikan rasa takut. Biasanya golongan “repressor” lebih senang menghindari risiko dan mencari cara untuk mengendalikan diri dengan lingkungannya.

Misalnya saja saat bos memberikan tugas yang bisa membuat stres, orang yang tergolong “repressor” akan menunjukkan kecemasan, stres, serta detak jantung dan denyut nadinya lebih tinggi daripada orang non repressor.

Walaupun demikian, sikap tenang dan menahan emosi bukan berarti buruk. Hasil riset juga menunjukkan bahwa walaupun golongan “repressor” lebih rentan terserang penyakit, tapi kelompok ini dapat sembuh lebih cepat dari penyakitnya karena sikap lebih disiplin dan motivasinya untuk beradaptasi dengan gaya hidupnya.

Sumber: health.kompas.com