Melon Jepang dengan Harga Fantastis, Apakah Memang Kadar Gizinya Sangat Tinggi?

DokterSehat.Com– Jika di Indonesia harga melon atau semangka biasanya tidak akan sampai Rp 50 ribu, maka harga satu buah melon berjenis cantaloupe, atau melon dengan daging berwarna oranye di Jepang bisa mencapai Rp 2 juta rupiah! Bahkan, belakangan ini tersiar kabar bahwa sepasang buah melon berjenis Yobari King terjual dengan harga Rp 350 juta. Melihat mahalnya harga melon di Jepang, apakah memang melon di negeri tersebut memiliki kadar gizi yang luar biasa?



Ada banyak faktor penyebab mengapa harga melon di Jepang sangat mahal. Sebagai contoh, harga buah disana memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh mudahnya mendapatkan buah di Indonesia. Tak hanya itu, ada sebuah kepercayaan yang dipercaya oleh masyarakat Jepang yang menganggap buah sebagai makanan persembahan bagi para dewa. Karena alasan inilah buah memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi disana.

Tak hanya dikonsumsi, buah kerap kali dijadikan hadiah penting bagi keluarga, atasan di tempat kerja, atau bahkan sebagai ucapan terima kasih. Bahkan, buah bisa menunjukkan status seseorang atau keluarga.

Tingginya harga buah di Jepang juga disebabkan oleh tingginya standar buah yang dijual disana. Harga mahal dianggap wajar jika melihat buah-buahan yang selalu tersedia dalam kondisi yang segar, mulus, tidak penyok, serta memiliki rasa alami yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Hanya buah yang paling berkualitas yang disediakan bagi pelanggan. Hal ini tentu berbeda dengan yang ada di Indonesia dimana terkadang kita mendapatkan buah dengan kondisi yang kurang baik meskipun membelinya di toko buah atau supermarket ternama.