Melindungi Kuku Agar Tidak Mudah Rapuh

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam bagian tubuh yang cukup jarang diperhatikan, kuku ternyata bisa memberikan pengaruh besar bagi penampilan seseorang. Tak percaya? Cobalah anda melihat perawatan kuku yang cukup banyak ditemukan di kota-kota besar. Kuku yang berada dalam kondisi yang buruk dan rapuh tentu akan terlihat sangat buruk. Lantas, apakah ada cara efektif mengatasi kuku yang rapuh?

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Tahukah anda, salah satu penyebab rapuhnya kuku ternyata justru berasal dari kebiasaan kita menggunakan kuteks untuk membuat kuku menjadi lebih cantik. Tanpa kita sadari, kuku ternyata juga membutuhkan oksigen untuk bisa tetap terjaga kesehatannya. Sayangnya, adanya kuteks yang bisa memberikan warna-warna cantik pada kuku akan membuat kuku kehilangan asupan oksigen dan pada akhirnya mengalami kerapuhan. Bagi anda yang ingin memakai kuteks, cobalah untuk memberikan waktu istirahat bagi kuku-kuku ini tanpa kuteks dalam beberapa hari atau bahkan seminggu sehingga kesehatan kuku pun tetap terjaga.

Kesehatan kuku ternyata juga dipengaruhi dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memenuhi asupan protein dan magnesium harian. Protein ternyata adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh kuku untuk menjaga kesehatannya. Magnesium juga akan membuat kuku tetap sehat dan cantik dan andai kuku telah rapuh, suplemen magnesium akan ikut membantu penyembuhannya. Jika diperlukan, cobalah memakai olesan strengthener atau secara harafiah berarti pemerkuat kuku. Bahan ini diyakini akan memperkuat kuku yang sebelumnya sudah sangat rapuh.

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk memperkuat kuku agar tidak mudah rapuh adalah dengan melakukan pemijatan pada area kuku dengan minyak zaitun. Hal ini ternyata secara efektif bisa membuat kuku ternutrisi dengan baik dan menjadi lebih kuat. Selain itu, kita bisa mencegah kuku rapuh dengan cara memakai sarung tangan karet saat mencuci piring atau mencuci baju. Ingatlah bahwa detergen pencuci memiliki bahan kimia yang sangat kuat yang bisa mempengaruhi kesehatan kuku dengan signifikan.